MacroAd terpilih memenangkan tender pengelolaan media iklan Kereta Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu. Penyelenggara tender ini adalah PT. Railink yang merupakan anak perusahaan PT. KAI dan PT. Angkasa Pura.
"Saat ini masih dalam proses tandatangan kontrak. Penunjukkan langsung sudah ditetapkan pada 27 Juli 2017, setelah melewati proses beauty contest yang dimulai pada 11 Juli 2017," kata President Director PT Pulau-Pulau Media, Wahyudi, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (26/9).
Wahyudi mengungkapkan salah satu faktor terpilihnya MacroAd (PT Pulau-Pulau Media) adalah karena dinilai memiliki inovasi teknologi yang lebih baik dan dapat menunjang layanan kepada pengguna kereta dibandingkan kompetitor lainnya.
Macroad merupakan satu-satunya perusahaan media yang memiliki titik pada transportasi umum lainnya seperti KRL Jabodetabek. Saat ini dengan titik di kereta KRL Jabodetabek, Macroad memiliki jumlah media terbesar di area tersebut.
"Misi kami untuk menghubungkan semua titik transportasi umum seperti KRL, Railink, MRT (Macroad saat ini salah satu finalis beauty contest untuk MRT) merupakan salah satu kunci kemenangan kami pada project kereta dan stasiun bandara Railink," ungkap dia.
Masa kontrak berlaku 5 tahun sejak kontrak ditandatangani. Dikatakan Wahyudi, MacroAd bukan hanya membangun infrastruktur media platform di dalam kereta ekspres Bandara Soetta-Sudirman dan Kualanamu-Medan, tetapi juga meliputi sejumlah titik pelayanan dan promosi di stasiun yakni Sudirman Baru, Soetta, Medan, dan Kualanamu.
"Di kereta ekspres Bandara Kualanamu-Medan ada di 16 gerbong dalam 4 rangkaian kereta, sementara di kereta ekspres Bandara Soetta-Sudirman Baru ada di 60 gerbong dalam 10 rangkaian kereta. Total titik di Stasiun Sudirman Baru 71, di Stasiun Soekarno-Hatta 62, di Medan 31, dan 25 titik di Stasiun Kualanamu," kata Wahyudi.
Platform yang digunakan MacroAd popular disebut dengan DOOH (Digital Out of Home) dimana iklan diputar melalui monitor yang terpasang di langit-langit kereta dan MacroAd menawarkan campaign yang terintegrasi dengan media lain seperti website atau media sosial milik para pengguna Commuterline di Jabodetabek.
"Media DOOH yang digunakan di dalam kereta bandara akan tetap sama seperti yang sudah diterapkan di media MacroAd di commuterline," paparnya.
Atas kepercayaan ini, MacroAd berharap dapat menjadi media pelayanan dan komersil yang terbaik dan efektif di transportasi umum. Selain di area transportasi umum, katanya, MacroAd juga akan masuk pada area di depan retail. Bekerjasama dengan salah satu chain restaurant cepat saji "Quick Chicken" yang akan tersebar di sekitar 1500 lokasi, Macroad akan memasang media iklan pada lokasi tersebut.
"Kami semakin dekat dengan visi kami, menjadi media luar ruang terbesar di Indonesia yang mengedepankan beberapa aspek seperti estetika, layanan publik, inovasi dan teknologi," tukas Wahyudi.
[sam]