Dimensy.id
R17

Android 15 Siap Diluncurkan Massal, Ini Deretan Ponsel yang Dapat Pembaruan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 18 Oktober 2024, 09:58 WIB
Android 15 Siap Diluncurkan Massal, Ini Deretan Ponsel yang Dapat Pembaruan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Google mulai meluncurkan sistem operasi Android 15 ke sejumlah perangkat Pixel mereka.

Meskipun beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka telah mendapatkan pembaruan, peluncuran massal Google secara menyeluruh akan dilakukan akhir minggu ini.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat 18 Oktober 2024, beberapa seri yang dipastikan mendapatkan pembaruan Android 15 termasuk Pixel 6, Pixel 6 Pro, Pixel 6A, Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 7A, Pixel Fold, Pixel Tablet, Pixel 8, Pixel 8 Pro, Pixel 8A, Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL.

Meskipun tidak ada dalam daftar resmi, Pixel 9 Pro dan 9 Pro Fold dipastikan akan segera mendapat pembaruan. Keduanya diluncurkan dengan Android 14, meskipun dirilis pada tanggal 9 September 2024, bukan 22 Agustus seperti 9 dan 9 Pro XL.

Berbagai peningkatan dihadirkan di Android 15. Namun, yang paling menjadi sorotan adalah dekoder perangkat lunak AV1 yang lebih efisien (dav1d), penanganan PDF yang lebih baik, dan perenderan font yang lebih unggul, ditambah dukungan eksperimental untuk ANGLE (Almost Native Graphics Layer Engine).

Di fitur terbaru, pengguna Android akan dapat mengosongkan ruang pada perangkat mereka dengan mengarsipkan aplikasi. Mereka juga akan memiliki opsi untuk membuat ruang Pribadi tempat mereka dapat menyimpan aplikasi sensitif di bawah lapisan autentikasi tambahan. 

Selain itu, API baru akan memungkinkan aplikasi untuk memilih efisiensi daya daripada kinerja untuk beban kerja tertentu.

Fitur lain yang menarik di Android 15 termasuk pratinjau widget yang lebih kaya, penyempurnaan gambar-dalam-gambar, aturan Jangan Ganggu yang lebih baik, dukungan khusus untuk tampilan sampul pada perangkat yang dapat dilipat, konektivitas satelit, penyempurnaan pada NFC dan Wallet, ditambah peningkatan besar pada multitugas layar lebar.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA