Dimensy.id
R17

Misi Polaris Dawn SpaceX Meluncur Jumat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 04 September 2024, 15:39 WIB
Misi Polaris Dawn SpaceX Meluncur Jumat
Empat awak misi SpaceX Polaris Dawn dari kiri: spesialis misi Anna Menon, pilot Scott Poteet, komandan Jared Isaacman, dan spesialis misi Sarah Gillis/CFP
rmol news logo Setelah serangkaian penundaan dan penghentian sementara oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA), SpaceX akhirnya siap meluncurkan misi Polaris Dawn pada Jumat pagi (6/9) mendatang. 

Dikutip dari CGTN, Rabu (4/9), rencana operasi yang dirilis FAA mengindikasikan peluncuran selama empat jam akan dibuka pada pukul 3:33 dini hari  dari Kennedy Space Center milik NASA, dengan peluang cadangan pada hari Sabtu dan Minggu. 

Diselenggarakan oleh pengusaha miliarder Jared Isaacman, misi Polaris Dawn bertujuan untuk mencapai ketinggian puncak 1.400 kilometer, sebuah ketinggian tertinggi untuk misi berawak mana pun dalam lebih dari setengah abad, sejak program Apollo NASA.

Puncak misi ini adalah perjalanan luar angkasa pertama oleh empat awak yang seluruhnya adalah astronot non-profesional, yang akan mengenakan pakaian aktivitas extravehicular SpaceX yang ramping dan baru dikembangkan.

Peluncurannya ditunda sebanyak 2 kali. Awalnya karena masalah teknis dengan menara peluncuran dan kemudian karena kendala cuaca yang memengaruhi fase pendaratan.

Yang lebih memperumit masalah, misi SpaceX Falcon 9 yang terpisah kehilangan pendorong tahap pertama, yang biasanya melakukan pendaratan tegak presisi pada kapal tak berawak.

Insiden ini menyebabkan penghentian sementara, sejak pencabutan, kendaraan peluncur produktif yang sangat diandalkan oleh NASA dan perusahaan swasta untuk mengerahkan astronot dan satelit ke orbit. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA