Dimensy.id
R17

Diduga Langgar Hak Cipta, Anthropic Digugat Tiga Penulis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 Agustus 2024, 09:32 WIB
Diduga Langgar Hak Cipta, Anthropic Digugat Tiga Penulis
Ilustrasi/RMOL
rmol news logo Tiga penulis mengajukan gugatan class action terhadap perusahaan kecerdasan buatan Anthropic di pengadilan federal California atas kasus dugaan penyalahgunaan buku mereka dan ratusan ribu lainnya untuk melatih chatbot bertenaga AI miliknya, Claude.
HUT 79 RI

Dikutip dari Reuters, Rabu (21/8), pengaduan oleh penulis dan jurnalis Andrea Bartz, Charles Graeber dan Kirk Wallace Johnson diajukan pada hari Senin. Mereka mengatakan bahwa Anthropic menggunakan versi bajakan dari karya mereka dan karya lainnya untuk mengajari Claude menanggapi perintah manusia.

Menanggapi aduan, juru bicara Anthropic mengatakan pada Selasa bahwa perusahaan sudah mengetahui gugatan tersebut dan sedang menilainya.

Kasus yang diajukan pada hari Senin adalah yang kedua terhadap Anthropic menyusul gugatan hukum yang diajukan oleh penerbit musik tahun lalu atas dugaan penyalahgunaan lirik lagu berhak cipta untuk melatih Claude.

Menurut pengaduan tersebut, karya para penulis disertakan dalam kumpulan data buku bajakan yang digunakan Anthropic untuk melatih Claude.

Gugatan tersebut meminta ganti rugi dalam jumlah yang tidak ditentukan dan perintah untuk memblokir Anthropic secara permanen dari penyalahgunaan karya penulis.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA