Dimensy.id
R17

Penjualan Ponsel Lipat Samsung Keok Disalip Huawei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Juni 2024, 10:11 WIB
Penjualan Ponsel Lipat Samsung Keok Disalip Huawei
Ilustrasi/Net
rmol news logo Posisi Samsung sebagai penjual ponsel pintar lipat berhasil disalip produsen China yang sedang naik daun, Huawei.

Menurut laporan baru yang dirilis oleh Counterpoint Research, Huawei berhasil menjual smartphone lipat paling banyak pada kuartal pertama tahun ini yang dihitung dari Januari hingga Maret.

Hal ini merupakan pengungkapan yang cukup mengejutkan mengingat betapa tidak signifikannya penjualan Huawei di sebagian besar dunia selama beberapa tahun terakhir, sejak pemerintah AS memutus akses ke layanan Google.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (1/6), Samsung saat ini hanya berhasil mencapai posisi No.2 dalam periode waktu yang sama untuk jumlah penjualan ponsel lipat. Penjualan perangkat lipat pabrikan Korea Selatan itu turun sebesar 42 persen dibandingkan kuartal 1, 2023.

Pertumbuhan Huawei sebesar 257 persen jelas sebagian besar disebabkan oleh penjualan di Tiongkok, yang melonjak setelah diperkenalkannya seri Mate X5 tahun lalu. Lompatan ke konektivitas 5G yang telah lama tertunda tampaknya juga telah memainkan peran penting dalam menarik minat konsumen Tiongkok terhadap perangkat layar lipat Huawei.

Produsen Tiongkok lainnya, Honor, berhasil menduduki peringkat ketiga dalam hal pengiriman dengan pertumbuhan sebesar 460 persen, namun pertumbuhan paling mengesankan datang dari Motorola, yang berhasil menjual perangkat lipat 1,473 persen lebih banyak pada kuartal 1 tahun ini dibandingkan kuartal 1 2023.

Secara keseluruhan, penjualan perangkat lipat tumbuh 49 persen tahun- pada tahun. Pertumbuhan Honor dan Motorola terutama datang dari luar Tiongkok, berbeda dengan Huawei.

Pangsa pasar Honor saat ini adalah 12 persen pada sektor ponsel lipat, naik dari 3 persen pada tahun lalu. Honor Magic V2 menjadi ponsel lipat yang paling banyak dikirimkan di Eropa Barat pada kuartal pertama tahun 2024. Sementara pangsa pasar global Motorola untuk perangkat lipat kini mencapai 11 persen berkat kinerja kuat dari seri Razr di Amerika Utara.

Ke depan Huawei juga diperkirakan berencana meluncurkan model clamshell lipat yang lebih murah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA