Dimensy.id
R17

Amerika Ciptakan Printer 3D Raksasa, Bisa Bangun Rumah hanya 80 Jam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 26 April 2024, 14:08 WIB
Amerika Ciptakan Printer 3D Raksasa, Bisa Bangun Rumah hanya 80 Jam
Printer 3D Raksasa/Net
rmol news logo Para peneliti di University of Maine, Amerika Serikat, berhasil menciptakan sebuah printer 3D polimer terbesar di dunia yang diklaim mampu membangun sebuah rumah hanya dalam waktu sekitar tiga hari.

Printer baru yang diberi nama Factory of the Future 1.0 (FoF 1.0) ini dapat mencetak objek berukuran panjang 96 kaki, lebar 32 kaki, dan tinggi 18 kaki. Secara relatif, ini juga cukup cepat karena dapat mencetak hingga 500 pon per jam, layaknya mempekerjakan tiga orang setiap jam.

Dikutip dari Associated Press, Jumat (26/4), printer raksasa yang diluncurkan pada Selasa (23/4) tersebut dapat secara dinamis beralih di antara teknik pencetakan untuk menyesuaikan berbagai aspek pekerjaan kompleks. Benda tersebut dapat beralih antara manufaktur aditif skala besar, manufaktur subtraktif, penempatan pita kontinu, dan pengoperasian lengan robot.

Teknologi-teknologi ini membuat printer tersebut cocok untuk sejumlah industri, termasuk perumahan, infrastruktur, dan pengembangan kendaraan militer.

Direktur Pusat Struktur dan Komposit Lanjutan di Universitas dari Maine, Habib Dagher, mengatakan, sebagian besar bahan yang dihasilkannya dapat didaur ulang.

"Jadi, pada dasarnya Anda dapat mendekonstruksinya. Printer mengutamakan material biobased, seperti sisa kayu," katanya.

Teknologi ini sepertinya merupakan cara yang bagus untuk membangun banyak perumahan terjangkau dengan cepat dan itulah yang ada dalam pikiran beberapa pendukungnya.

“Maine membutuhkan sekitar 80.000 rumah tambahan pada tahun 2030, sebagian besar khusus untuk rumah tangga dengan pendapatan pada atau di bawah pendapatan median wilayah tersebut,” kata Mark Wiesendanger, Direktur Pengembangan MaineHousing.

“Upaya ini menciptakan cara lain untuk memproduksi perumahan berkualitas dan terjangkau, sekaligus menurunkan biaya, dan menggunakan sisa kayu yang melimpah dari pabrik penggergajian di Maine," ujarnya.

AP berpendapat printer tersebut suatu hari nanti kemungkinan besar dapat menciptakan seluruh lingkungan, berkat spesifikasinya yang menunjukkan bahwa ia mampu membuat rumah sederhana satu lantai dalam waktu sekitar 80 jam.

Peneliti UMaine menerima dana dari Korps Insinyur Angkatan Darat, Departemen Pertahanan dan Departemen Energi. Institusi-institusi pemerintah ini menginginkan laba atas investasi mereka, sehingga printer ini kemungkinan juga akan digunakan untuk membuat kapal ringan yang dapat digunakan dengan cepat, seperti kapal selam dan kendaraan maritim lainnya.

FoF 1.0 memiliki printer saudara di kampus UMaine, yang sebelumnya merupakan pemegang rekor printer 3D terbesar di dunia. Ini sudah digunakan untuk memproduksi rumah keluarga tunggal seluas 600 kaki persegi yang terbuat dari serat kayu dan bahan bioresin. Namun printer baru ini berukuran empat kali lipatnya.

Untungnya, kedua model tersebut ditempatkan di lokasi yang sama dan dapat mengerjakan aspek berbeda dari proyek yang sama secara bersamaan.

University of Maine akan segera membangun laboratorium penelitian baru yang disebut Pabrik Masa Depan Rekayasa dan Material Ramah Lingkungan (GEM). Ini akan menjadi rumah baru bagi kedua percetakan tersebut, dengan tujuan utama untuk memfasilitasi dan meningkatkan praktik manufaktur yang lebih berkelanjutan.

Kemungkinan juga akan menampung printer yang lebih besar di masa depan.

“Kami belajar dari hal ini untuk merancang yang berikutnya,” kata Dagher. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA