Dimensy.id
R17

Langgar Hak Cipta, Nvidia Digugat Tiga Penulis Novel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 Maret 2024, 13:44 WIB
Langgar Hak Cipta, Nvidia Digugat Tiga Penulis Novel
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kasus hukum menjerat perusahaan teknologi Nvidia di mana mereka digugat oleh tiga penulis yang mengklaim bahwa karya mereka digunakan tanpa izin untuk melatih platform AI NeMo buatannya.

Dikutip dari Reuters Senin (11/3), Brian Keene, Abdi Nazemian, dan Stewart O'Nan, mengatakan karya mereka adalah bagian dari kumpulan data sekitar 196.640 buku yang membantu melatih NeMo untuk mensimulasikan bahasa tulisan biasa, sebelum akhirnya dihapus pada Oktober karena laporan pelanggaran hak cipta.

Dalam gugatan class action yang diajukan pada Jumat malam (8/3) di pengadilan federal San Francisco, penulis mengatakan penghapusan tersebut mencerminkan bahwa Nvidia memang mengakui pihaknya melatih NeMo pada kumpulan data tersebut, dan dengan demikian melanggar hak cipta mereka.

Di antara karya-karya yang tercakup dalam gugatan tersebut adalah novel "Ghost Walk" karya Keene tahun 2008, novel "Like a Love Story" karya Nazemian tahun 2019, dan novel karya O'Nan tahun 2007 "Last Night at the Lobster." rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA