Dimensy.id
R17

Ocean Infinity Uji Coba Kapal Canggih tanpa Awak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 Maret 2024, 13:56 WIB
Ocean Infinity Uji Coba Kapal Canggih tanpa Awak
Kapal milik Ocean Infinity/Net
rmol news logo Mayoritas teknologi otonom saat ini  dibuat terbatas untuk kendaraan darat. Saat ini, para ahli mulai melakukan uji untuk kendaraan di laut.

Sebuah kapal besar berwarna hijau limau di perairan Norwegia sedang mengujinya. Sejumlah peralatan berteknologi tinggi termasuk kamera, mikrofon, radar, GPS dan segala macam komunikasi satelit berada di dalamnya.

Kapal ini merupakan bagian dari armada baru Ocean Infinity (OI), armada yang nantinya terdiri dari 23 kapal yang akan melakukan survei dasar laut untuk operator pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai.  Juga  memeriksa infrastruktur bawah air untuk industri minyak dan gas.

“Kami telah menambahkan banyak peralatan tambahan dan merancangnya secara khusus untuk menjadi apa yang kami sebut 'robot',” kata Colin Field, kepala sistem jarak jauh di perusahaan Amerika-Inggris, Ocean Infinity (OI), seperti dikutip dari BBC, Kamis (7/3).

Kapal dengan panjang 78 meter(255 kaki) ini mampu dikendalikan hanya dengan 16 orang di dalamnya, sementara sebuah kapal tradisional yang melakukan pekerjaan serupa akan membutuhkan 40 atau 50 awak.

OI yakin hal ini dapat mengurangi lebih banyak jumlah awak kapal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA