Dimensy.id
R17

Luncurkan Kacamata Pintar, Apple Vision Pro Siap Dipesan Seharga Rp54 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 09 Januari 2024, 13:39 WIB
Luncurkan Kacamata Pintar, Apple Vision Pro Siap Dipesan Seharga Rp54 Juta
Apple Vision Pro/Net
rmol news logo Raksasa teknologi Apple akan segera merilis produk baru kacamata pintar yang akan diluncurkan pada 2 Februari mendatang.

Produk kacamata yang diberi nama Apple Vision Pro ini mulai dapat dipesan untuk pra order pada (19/1) di Amerika Serikat (AS).

Apple telah mengumumkan bahwa Vision Pro dibanderol dengan harga 3.500 dolar (Rp 54 juta) per unit, dengan produk perdana yang dilepas berkapasitas penyimpanan 256 GB.

Calon pengguna juga dapat memesan Vision Pro dengan lensa khusus, seperti halnya kacamata resep, dengan tambahan biaya 149 dolar (Rp 2,3 juta).

Adapun Vision Pro sendiri dirancang untuk memperkenalkan “komputasi spasial” kepada konsumen, yang memiliki kemampuan augmented reality (AR), dan juga dapat beralih ke realitas virtual (RV)dengan mulus menggunakan dial pada headset.

Perangkat pintar itu diperkenalkan pertama kali oleh Apple pada awal 2023 lalu dalam acara para pengembang software, untuk bersaing dengan produk serupa buatan Meta, yaitu Quest.

“Era komputasi spasial telah tiba. Apple Vision Pro adalah perangkat elektronik konsumen tercanggih yang pernah dibuat. Antarmuka penggunanya yang revolusioner dan ajaib akan mendefinisikan kembali cara kita terhubung, berkreasi, dan menjelajah,” kata CEO Apple, Tim Cook, dalam siaran pers yang mengumumkan jadwal rilis Vision Pro, dikutip Selasa (9/1).

Vision Pro dilengkapi oleh sistem operasi khusus buatan Apple yang diberi nama VisionOS. Dengan perangkat itu, pengguna bisa mengendalikan operasi Vision Pro dengan mata, gerakan tangan, hingga suara.

Vision Pro disebut juga bisa bekerja dengan berbagai software dan aplikasi populer termasuk Microsoft Office dan Slack.

Perangkat ini juga menawarkan pengalaman baru dalam menikmati konten video dan bermain video game. Konten Apple TV, misalnya, bisa disaksikan di layar virtual yang terasa selebar 30,4 meter.

Meski demikian, analis memperkirakan Vision Pro belum dapat berdampak signifikan ke pendapatan Apple, karena produk itu ditaksir hanya akan menambah pendapatan perusahaan sebesar 1,4 miliar dolar (Rp21,71 triliun). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA