Dimensy.id
R17

Terinspirasi Tentakel Gurita, Ilmuwan China Ciptakan Lengan Robot Fleksibel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 12 Desember 2023, 12:55 WIB
rmol news logo Ilmuwan China berhasil menciptakan lengan robot fleksibel yang mampu merasakan dan memanipulasi objek di ruang terbatas dan di bawah air.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru Science Robotics, robot tersebut memungkinkan operator manusia - meskipun dengan mata tertutup - memandu lengannya, menggunakan daya isap dan mengambil berbagai objek.

CGTN melaporkan, Senin (11/12), penemuan yang dibuat tim peneliti yang dipimpin Wen Li dari Universitas Beihang, terinspirasi oleh gurita, yang mencambuk lengan lembutnya dengan karakteristik gerakan menekuk untuk menangkap mangsanya dengan pengisap yang sensitif.

Penelitian menyebutkan, lengan lembut robot dengan dua baris penghisap sensorik yang terhubung dengan jari pemakainya dapat melakukan gerakan menggapai, menggenggam, dan menarik hingga 1,5 kali panjang lengan aslinya, serupa dengan gerakan biologis.

“Prototipe robotik ini memberikan prospek baru dan ide pengembangan untuk aplikasi interaktif robot fleksibel di masa depan, termasuk robot bantu medis, robot eksplorasi dasar laut, dan organ eksternal bionik,” kata Wen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA