Dimensy.id
R17

Google Ciptakan Alat Musik AI, Bisa Bikin Lagu dengan Suara Penyanyi Terkenal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 November 2023, 11:28 WIB
Google Ciptakan Alat Musik AI, Bisa Bikin Lagu dengan Suara Penyanyi Terkenal
Penyanyi-penulis lagu Charlie Puth termasuk di antara sembilan artis rekaman yang berkolaborasi dengan Google pada alat musik Dream Track AI/Net
rmol news logo Google saat ini sedang menguji fitur kecerdasan buatan (AI) generatif baru, Dream Track, yang diklaim menciptakan lagu orisinal dengan gaya penyanyi terkenal terpilih.

Sebanyak sembilan artis, termasuk Charlie Puth, Alec Benjamin, Charli XCX, Demi Lovato, John Legend, Papoose, Sia, T-Pain, dan Troye Sivan mendaftar untuk berpartisipasi dalam proyek perusahaan yang berbasis di Amerika tersebut.

“Menjadi bagian dari eksperimen Dream Track YouTube adalah sebuah peluang untuk membantu membentuk kemungkinan-kemungkinan di masa depan,” kata John Legend, seperti dikutip dari NPR, Sabtu (18/11).

"Sebagai seorang seniman, saya senang bisa duduk di meja dan saya menantikan apa yang diimpikan oleh para pencipta selama periode ini," katanya.

Namun beberapa seniman yang bekerja di luar lingkup Google mengaku skeptis terhadap perkembangan baru ini.

“Saya bersyukur bahwa perkembangan baru ini melibatkan para artis, yang mungkin berarti mereka diberi kompensasi atas kontribusi mereka terhadap hal ini,” kata penyanyi sekaligus penulis lagu dan pengisi suara Dan Navarro.  

“Tetapi komoditisasi musik, seperti halnya pasta gigi dari tabung, membuat saya bertanya-tanya, di mana inspirasinya? Saya kira, tidak ada sama sekali," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA