Dimensy.id
R17

Sebanyak 15 SMK Berebut Juara di Babak Final Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 06 Oktober 2023, 13:20 WIB
Sebanyak 15 SMK Berebut Juara di Babak Final Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023
Para juri Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023/Net
rmol news logo Babak final Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023 akan digelar di Yogyakarta pada tanggal 16 hingga 20 Oktober mendatang. Total ada sebanyak 15 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan berlaga di partai final, usai mengalahkan 415 SMK lain yang berasal dari 28 provinsi.

Babak final akan menggunakan sistem karantina. Tujuannya, untuk menguji, baik dari sisi pengetahuan maupun keterampilan melalui tes tertulis, tes praktik, dan cerdas cermat.

Sebelumnya mereka telah menempuh 3 tahapan seleksi, yaitu seleksi tes tertulis secara daring, pembuatan video tutorial, dan test wawancara, yang diadakan sepanjang bulan September 2023.

Adapun SMK yang berhasil masuk babak final berdasarkan pengumuman daring pada tanggal 4 Oktober 2023 adalah SMKN 3 Singaraja (Bali), SMKN 1 Gombong (Jawa Tengah), SMKN 1 Sedayu (Yogyakarta), SMKN 1 Tenggarong (Kalimantan Timur), SMK Persada Makassar (Sulawesi Selatan, SMKN 2 Depok (Jawa Barat), dan SMK Kristen Petra Surabaya (Jawa Timur).

Selanjutnya, SMK IT Ihsanul Fikri (Jawa Tengah), SMKN 2 Yogyakarta (Yogyakarta), SMKN 8 Kabupaten Tangerang (Banten), SMKN 1 Denpasar (Bali), SMKN Pelita Gedong Tataan (Lampung), SMK Karya Guna Bhakti 2 Kota Bekasi (Jawa Barat), dan SMK Cijangkar (Jawa Barat).

Salah satu juri OJM 2023, Pujo Dewobroto menilai pembelajaran ilmu jaringan sudah merata hampir di semua provinsi di Indonesia. Ini dapat dilihat dari proses seleksi di babak penyisihan dan antusiasme pelajar yang tampil.

“Terlihat dari antusias SMK yang mengikuti acara ini berasal dari 28 provinsi di Indonesia,” ungkap Pujo Dewobroto kepada wartawan, Jumat (6/10).

Pujo mengurai bahwa pada seleksi tahap 2, peserta diminta untuk membuat video tutorial dengan memilih salah satu topik. Adapun topik yang disediakan adalah Konfigurasi Dasar, Static Routing, Packet Flow, Firewall Filter, Firewall Mangle, VPN, Simple Queue, HTB, Wireless, atau RouterOS Scripting.

Sementara itu, Direktur Utama PT Citraweb Solusi Teknologi yang juga Mikrotik Certified Trainer di Indonesia, Valens Riyadi, mengurai bahwa OJM yang telah digelar ke enam kali sejak 2016 ini diharapkan bisa memacu siswa SMK untuk mendalami dunia jaringan.

“Termasuk menguji sejauh mana ilmu jaringan ini diajarkan di SMK, serta menemukan bibit unggul calon tenaga ahli jaringan yang siap untuk terjun di industri,” tegasnya.

Senada itu, penyelenggara lomba, Debyo Surya Setiyawan menilai bahwa sebagian besar finalis pada tahun-tahun sebelumnya, bisa bekerja pada industri jaringan dan telekomunikasi.

“Itu merupakan bukti bahwa acara ini juga menjadi jembatan strategis antara dunia pendidikan dan dunia industri,” tegasnya.

Nantinya, pemenang OJM 2023 akan mendapatkan uang pembinaan, serta bantuan perangkat keras jaringan untuk melengkapi laboratorium jaringan yang sudah ada di sekolah masing-masing, dengan total nilai lebih dari Rp 160 juta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA