Dimensy.id
R17

Jepang Produksi Robot Raksasa Mirip Gundam Seharga Rp 46 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 02 Oktober 2023, 12:46 WIB
Jepang Produksi Robot Raksasa Mirip Gundam Seharga Rp 46 Miliar
CEO Ryo Yoshida mendemonstrasikan ARCHAX, robot raksasa yang dikemudikan manusia yang dikembangkan oleh perusahaan rintisannya Tsubame Industries Co. pada 27 September 2023/Net
rmol news logo Robot raksasa yang terlihat seperti "Mobile Suit Gundam" dari film animasi Jepang yang sangat populer tengah dikembangkan oleh salah satu startup di Tokyo, Tsubame Industries.

Mengutip Reuters pada Senin (2/10), robot itu diberi nama ARCHAX, memiliki tinggi hingga 4,5 meter dan berat 3,5 ton.

ARCHAX dikendalikan oleh manusia yang duduk di dalam badan robot dan menggerakkanya dengan joystick dan memantau monitor kamera yang tersedia.

Tsubame Industries akan memperkenalkan ARCHAX di Japan Mobility Show akhir bulan ini. Bagi yang berminat, perusahaan telah membandrol harganya sebesar 3 juta dolar AS atau Rp 46 Miliar.

Kepala Eksekutif Tsubame Industries, Ryo Yoshida menjelaskan bahwa ARCHAX merupakan robot dengan dua mode yakni mode robot tegak dan mode kendaraan yang dapat melaju hingga 10 km per jam.

"Jepang sangat ahli dalam bidang animasi, permainan, robot, dan mobil, jadi saya pikir akan sangat bagus jika saya bisa menciptakan produk yang menggabungkan semua elemen ini menjadi satu,” ujarnya.

Yoshida mengatakan pihaknya akan menjual lima ARCHAX untuk para penggemar robot yang kaya raya dan mau merogoh kocek yang dalam untuk mesin tersebut.

Tetapi lebih dari itu, dia juga berharap robotnya mampu digunakan untuk bantuan bencana dan ikut dalam misi ruang angkasa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA