Dimensy.id
R17

Ingin Saingi OpenAI, Meta akan Buat Sistem AI Baru yang Lebih Canggih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 11 September 2023, 14:20 WIB
Ingin Saingi OpenAI, Meta akan Buat Sistem AI Baru yang Lebih Canggih
Ilustrasi/Net
rmol news logo Setelah berusaha menyaingi platform media sosial X, kini Meta juga berambisi mengeluarkan produk kecerdasan buatan (AI) untuk menyaingi ChatGPT yang dimiliki perusahaan OpenAI.

Menurut laporan Wall Street Journal pada Senin (11/9), Meta saat ini tengah mengerjakan sistem AI baru yang modelnya diklaim lebih canggih dari produk AI sebelumnya yakni Llama 2.

"Model terbaru akan beberapa kali lebih kuat dibandingkan versi komersialnya yang dijuluki Llama 2," ungkap laporan tersebut.

Meta menargetkan produk AI barunya akan rampung dan siap dipasarkan mulai tahun depan.

Sementara itu, produk AI oleh Meta memang bukan pertama kalinya dibuat. Tetapi, sejak Llama 2 diluncurkan Juli lalu, produk kebanggan Meta itu belum mampu menyaingi ketenaran ChatGPT OpenAI dan Bard Google.

Sejak OpenAI meluncurkan ChatGPT tahun lalu, perusahaan besar di dunia telah berbondong-bondong beralih ke pasar AI generatif yang baru lahir untuk mendapatkan kemampuan yang lebih baru dan mendapat keuntungan lebih besar.

Apple bahkan diberitakan tengah membuat produk AI mirip ChatGPT OpenAI dan Bard Google sejak Juni tahun ini. Produk milik pembuat Iphone itu bernama 'Ajax' yang beroperasi menggunakan chatbot. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA