Dimensy.id
R17

Ilmuwan Gunakan Kamera Solar Orbit ESA untuk Memotret Permukaan Matahari Lebih Jelas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 11 September 2023, 12:20 WIB
Ilmuwan Gunakan Kamera Solar Orbit ESA untuk Memotret Permukaan Matahari Lebih Jelas
Potret matahari yang berhasil diambil oleh kamera Solar Orbiter milik Badan Antariksa Eropa (ESA)/Net
rmol news logo Untuk mendapatkan gambar permukaan matahari secara lebih jelas, ilmuwan Eropa melakukan serangkaian uji coba pada kamera yang dimiliki pesawat ruang angkasa Solar Orbiter milik Badan Antariksa Eropa (ESA).

Pesawat itu telah melintasi berbagai planet hingga dapat menempuh jarak 26 juta mil untuk mengamati Matahari dari dekat dan memasuki orbit Merkurius.

Kendati demikian, upaya pengambilan gambar akan sangat sulit karena bagian atmosfer Matahari akan redup jika dipotret dengan kamera.

Oleh sebab itu, seorang anggota tim instrumen kamera Extreme Ultraviolet Imager (EUI) Solar Orbiter bernama Frederic Auchere menggunakan cara baru agar kamera solar orbit dapat lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet ekstrim yang redup.

“Saya punya ide untuk melakukannya dan melihat apakah itu akan berhasil. Ini sebenarnya adalah modifikasi instrumen yang sangat sederhana," ungkap ilmuwan dari Institut d'Astro physique Spatiale, Université Paris-Sud, seperti dimuat Digital Trends pada Senin (11/9).

Auchere menjelaskan bahwa gambar bisa diambil dengan jelas setelah mereka menutupi piringan terang Matahari dengan ‘okuler’ di dalam kamera.

"Ini mengubah kamera menjadi sesuatu seperti coronagraph darurat, sebuah instrumen khusus yang dirancang untuk menghalangi cahaya paling terang dari sebuah bintang agar dapat melihat sekelilingnya dengan lebih jelas," jelasnya.

Dalam video yang dirilis oleh para ilmuwan, bagian kosong itu memiliki gambar piringan matahari yang ditumpangkan di atasnya. Hal ini memungkinkan peneliti melihat detail atmosfer Matahari, terutama lapisan dalam yang biasanya tidak mungkin diamati. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA