Dimensy.id
R17

YouTube Kembangkan Teknologi Baru, Bisa Cari Lagu Hanya dengan Humming

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 Agustus 2023, 13:44 WIB
YouTube Kembangkan Teknologi Baru, Bisa Cari Lagu Hanya dengan Humming
YouTube/Net
rmol news logo Apakah Anda pernah kesulitan mencari lagu karena lupa dengan nama penyanyi, judul, dan liriknya? Jangan khawatir, karena saat ini YouTube tengah mengembangkan teknologi baru.

Google Support mengungkap, YouTube saat ini sedang mengembangkan teknologi yang dapat mengidentifikasi sebuah lagu hanya dengan humming atau senandung.

“Kami sedang bereksperimen dengan kemampuan pengguna untuk mencari lagu di YouTube dengan menyenandungkan atau merekam lagu yang sedang diputar,” kata Google Support pada pekan lalu, seperti dikutip dari Reuters, Senin (28/8).

Nantinya, YouTube akan menyediakan fitur penelusuran lagu, pengguna bisa menyenandungkan lagu yang dicari selama lebih dari 3 detik agar dapat teridentifikasi.

"Setelah lagu tersebut diidentifikasi, Anda akan diarahkan ke konten musik resmi yang relevan, video buatan pengguna, dan/atau video pendek yang menampilkan lagu yang dicari di aplikasi YouTube," jelas Google Support.

Saat ini teknologi tersebut dalam tahap eksperimen yang diluncurkan pada sebagian kecil pengguna di seluruh dunia melalui perangkat Android.

Teknologi serupa sudah digunakan oleh Shazam, sebuah aplikasi yang mengidentifikasi lagu setelah merekam sebagian pendeknya. Namun Shazam tidak dapat mengidentifikasi lagu berdasarkan interaksi pengguna.

Google Penelusuran dan Google Assist juga memproduksi fitur ini pada tahun 2020, tetapi versi YouTube diharapkan akan mendapat kemajuan signifikan, di mana pengguna hanya perlu bersenandung selama tiga detik, bukan 10 detik seperti versi lama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA