Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembali Dihukum Pengurangan Poin, Everton Terancam Masuk Zona Degradasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 09 April 2024, 05:58 WIB
Kembali Dihukum Pengurangan Poin, Everton Terancam Masuk Zona Degradasi
Ilustrasi Everton/Net
rmol news logo Seolah tak kapok, Everton kembali mendapat hukuman pengurangan poin akibat kesalahan yang sama. Kali ini, klub berjuluk The Toffees itu dihukum pengurangan 2 poin karena melanggar aturan finansial.

"Komisi independen telah memberikan sanksi langsung berupa pengurangan dua poin kepada Everton karena melanggar aturan PSR di akhir periode musim 2022/23," tulis pernyataan resmi Premier League Inggris yang dikutip The Athl/i>, Senin (8/4).

Hukuman ini dijatuhkan setelah Komisi Independen menemukan Everton melanggar Aturan Profitabilitas dan Keberlanjutan (Profit & Sustainability Rules/PSR). Di mana Premier League mengizinkan klub merugi 105 juta poundsterling selama periode 3 tahun.

Sementara Everton mengalami kelebihan rugi hingga 16,6 juta pound hingga musim 2022-2023 lalu.

Ini merupakan kali kedua klub Merseyside tersebut dihukum pengurangan poin, setelah pelanggaran pertama atas kasus yang sama hingga periode 2021-2022.

Pada hukuman pertama itu, Everton dihukum potong 10 poin yang kemudian dikurangi menjadi 6 poin setelah banding.

Saat ini, Everton sudah menyatakan akan melakukan banding lagi atas hukuman keduanya.

"Everton berkomitmen untuk terus kooperatif dengan pihak liga (Premier League) terkait PSR, tetapi tidak puas dengan tidak konsistennya sejumlah komisi sehubungan dengan pengurangan poin yang diterapkan," tulis pernyataan Everton di situs web resmi mereka dikutip redaksi, Selasa (9/4).

Pihak Premier League sebenarnya menuntut pengurangan 5 poin untuk Everton. Komisi Independen menilai pelanggaran Everton memang signifikan, tapi menerima argumen pembelaan klub tersebut.

Komisi Independen menilai Everton sudah mendapatkan hukuman pengurangan poin, kehilangan pemasukan karena penangguhan kerja sama dengan perusahaan Rusia, dan langsung mengaku bersalah. Akhirnya mereka memutuskan pemotongan 2 poin.

Atas hukuman kedua ini, Everton langsung turun ke peringkat 16 dengan koleksi 27 poin. Hanya 2 poin dari Luton Town di posisi 18 yang merupakan zona degradasi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.