Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

5 Kali Tawaran Selalu Ditolak Keluarga Glazer, Sheikh Jassim Batal Akuisisi Manchester United

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 15 Oktober 2023, 06:57 WIB
5 Kali Tawaran Selalu Ditolak Keluarga Glazer, Sheikh Jassim Batal Akuisisi Manchester United
Manchester United tampaknya belum akan beralih kepemilikan dalam waktu dekat/Net
rmol news logo Proses akuisisi Manchester United oleh taipan asal Qatar, Sheikh Jassim, dipastikan batal. Padahal, Sheikh Jassim sudah menyodorkan angka hingga 6 miliar poundsterling (lebih dari Rp114 triliun) untuk memiliki 100 persen klub besar Premier League Inggris itu.

Setelah MU masuk daftar jual keluarga Glazer pada 2022, Sheikh Jassim muncul sebagai salah satu peminat. tak hanya menawarkan angka 5 miliar poundsterling pada tawaran pertamanya, dia juga bersedia menghapuskan utang klub senilai 970 juta poundsterling.

Namun, tawaran dari Sheikh Jassim rupanya belum meluluhkan hati keluarga Glazer. Diduga, keluarga Glazer enggan kehilangan seluruh kepemilikan saham di Old Trafford.

Tak heran jika kemudian keluarga Glazer juga mempertimbangkan tawaran lain yang datang dari Ineos Group milik pengusaha Inggris, Sir Jim Ratcliffe.

Padahal angka yang disodorkan Ratcliffe tak sampai 5 miliar poundsterling. Dia hanya ingin menguasai 60 persen saham MU. Sehingga keluarga Glazer masih punya bisa memiliki saham minoritas di Old Trafford.

Di sisi lain, Sheikh Jassim sudah melakukan 5 kali penawaran untuk mengakuisisi MU secara penuh. Sayang, tak satupun tawaran itu yang digubris keluarga Glazer, meski pihak Jassim sudah menaikkan tawaran hingga lebih dari 6 miliar poundsterling.

Tawaran terakhir dari Sheikh Jassim yang ditolak keluarga Glazer terjadi pada Juni 2023. Pihak Jassim kemudian mengultimatum akan menarik diri dari negosiasi apabila keluarga Glazer masih bersikeras menolak atau tak memberi kepastian.

Ultimatum itu dilaksanakan 4 bulan kemudian. Sheikh Jassim menyatakan mundur dari proses akuisisi MU pada Minggu dinihari WIB (15/10).

Dikutip The Guardian, Minggu (15/10), Sheikh Jassim menarik diri karena merasa angka yang diminta keluarga Glazer tidak realistis.

Dengan keputusan Sheikh Jassim menarik diri dari negosiasi pengambilalihan Man United, otomatis Sir Jim Ratcliffe menjadi satu-satunya penawar tersisa. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA