Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cetak Wirausahawan Muda, Kemenkop Gelar Pelatihan Mahasiswa Pengusaha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/dede-zaki-mubarok-1'>DEDE ZAKI MUBAROK</a>
LAPORAN: DEDE ZAKI MUBAROK
  • Selasa, 06 Maret 2018, 09:30 WIB
Cetak Wirausahawan Muda, Kemenkop Gelar Pelatihan Mahasiswa Pengusaha
Foto/Net
rmol news logo . Kementerian Koperasi dan UKM kembali menggelar Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN). Kali ini yang disasar adalah mahasiswa pengusaha yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pengusaha (GMP).

Acara dihadiri para rektor dan perwakilannya dari sembilan provinsi di Indonesia. Perwakilan rektor untuk wilayah, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Daerah Istimewa Yogyakarta (DI), Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Selatan dan terakhir Bali.

Kehadiran para rektor dan perwakilannya untuk penandatangan kesepahaman bersama, antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan 59 perguruan tinggi di sembilan provinsi tadi dan kelompok media. Tercatat 1.400 mahasiswa dari 59 perguruan tinggi menghadiri kegiatan ini.

Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga hadir untuk membuka acara. Acara berlangsung di Wantilan Gedung Pers Bali K.Nadha, Denpasar, Bali, Selasa (6/3).

Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kemenkop dan UKM yang juga sebagai penanggung jawab acara Prakoso BS mengatakan tujuan dan sasaran acara dalam rangka menumbuh dan mengembangkan kewirausahaan khususnya di kalangan mahasiswa.

Selain itu, kata Prakoso, untuk memasyarakatkan dan membudayakan semangat, sikap, dan perilaku kewirausahan di kalangan mahasiswa.

Kemudian, mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pengusaha yang yang mampu, unggul dan berdaya saing. Terakhir, meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas.

Sementara, lanjut Prakoso, agar mencapai tujuan dan sasaran GMP ada beberapa tahapan. Pertama, pelaksanaan Pemasyarakatan Kewirausahaan sebanyak 150 orang selama satu hari, peserta diseleksi oleh pihak kampus yang sudah mempunyai rintisan usaha dengan materi motivasi wirausaha dan sukses story.

"Ini sudah ada pengakuan dari pengusaha yang sukses atau dari pengusaha yang telah mendapatkan program pemasyarakatan, pelatihan dan bantuan pemerintah wirausaha pemula yang berhasil," katanya

Setelah itu, lanjut Prakoso, dilakukan seleksi 80 orang peserta (2 angkatan) untuk dilakukan pelatihan Kkewirausahaan melalui GKN selama tiga hari dengan materi menggali ide bisnis dan penyusunan proposal bisnis.

Terakhir, dilakukan seleksi akhir dengan penilaian proposal bisnis/rencana bisnis yang telah disusun oleh masing-masing peserta.

"Bantuan pemerintah wirausaha pemula sebesar Rp 10 sampai 13 juta sebanyak 20 orang untuk diberikan mendapatkan bantuan wirausaha pemula," demikian Prakoso. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA