Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Puspayoga Yakin UKM Bukalapak Tembus Empat Juta Di 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/dede-zaki-mubarok-1'>DEDE ZAKI MUBAROK</a>
LAPORAN: DEDE ZAKI MUBAROK
  • Sabtu, 25 November 2017, 14:17 WIB
Menteri Puspayoga Yakin UKM Bukalapak Tembus Empat Juta Di 2019
rmol news logo Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), AAGN Puspayoga, berharap jumlah UKM di situs jual beli online (e-Market) Bukalapak bisa tembus empat juta UKM pada 2019 mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saya yakin akan hal itu karena memang perkembangan Bukalapak sangat pesat. Awal 2016 lalu saya pernah bertanya jumlahnya UKM di Bukalapak, katanya baru sekitar 400-an. Sekarang jumlahnya sudah mencapai dua juta lebih. Jadi, kalau pada 2019 nanti bisa menembus jumlah empat juta UKM, bukan sesuatu yang sulit," kata Puspayoga pada acara Kopdar Akbar 2017 Komunitas Bukalapak, di Jakarta, Sabtu (25/11).

Menurut Puspayoga, pelaku UKM harus terus diberdayakan karena sangat penting bagi perekonomian nasional. Ia menganggap pola pemasaran online atau e-Market seperti yang dilakukan Bukalapak adalah yang paling pas dan cocok dengan kondisi masyarakat sekarang.

Dalam kesempatan itu juga, Puspayoga menyaksikan penandatanganan MoU antara Dirut Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM), Emilia Suhaimi, dengan CEO Bukalapak, Achmad Zaky.

Ia berharap produk-produk "best seller" yang ada di Bukalapak bisa masuk ke Galeri Smesco UKM di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, agar bisa juga dipasarkan secara offline.

"Saya terinspirasi Amazon Bookstore. Ketika mereka buka penjualan secara online, banyak toko buku di Amerika yang tutup. Tapi kini, Amazon kembali berjualan buku secara offline melalui toko, khusus untuk buku-buku yang best seller," ungkap Puspayoga.

"Gedung Smesco terbuka bagi seluruh komunitas UKM Bukalapak bila ingin mengadakan acara di sana, termasuk berjualan secara offline," lanjut Menkop.

Sedangkan CEO Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan bahwa Bukalapak bukan sekadar e-Commerce Company. Lebih dari itu, Bukalapak memiliki misi agar pelaku UKM di Indonesia bisa tumbuh menjadi usaha besar.

"UKM harus didukung untuk menjadi besar. Di komunitas Bukalapak ini, kita belajar bersama dan maju bersama", kata Zaky.

Zaky pun yakin dalam lima tahun ke depan bisnis UKM akan tumbuh semakin besar. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA