Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kota Sabang Miliki Kampung KB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 21 Februari 2016, 16:56 WIB
Kota Sabang Miliki Kampung KB
ilustrasi/net
rmol news logo Kota Sabang akhirnya memiliki Kampung Keluarga Berencana (KB). Kampung KB di Sabang berada di Gampong Krueng Raya, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Kampung KB bernama Mustika Jaya tersebut resmi dicanangkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty, Sabtu (30/3). Menurut Surya, Kampung KB Mustika Jaya merupakan kampung KB kedua di Provinsi Aceh.

"Di tingkat kabupaten kota, ini Kampung KB yang pertama. Setelah dicanangkan, kami berharap kegiatan KB dan pembinaan keluarga di Gampong Krueng Raya dimaksimalkan. Kami pun menginstruksikan adanya evaluasi secara berkala pelaksanaan kegiatan di kampung ini," terang dia dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan akan ada juga program Rumah Sehat yang merupakan tempat di mana keluarga, terutama ibu-ibu mengembangkan program bina keluarga balita, bina keluarga remaja, dan bina keluarga lansia. Dengan ini diharapkan setiap keluarga optimal melaksanakan delapan fungsi keluarga.

Surya menjelaskan, target dari program ini adalah terciptanya keluarga sejahtera, kampanye membina anak, dan kampanye menjadi orangtua hebat pada 1.000 kehidupan pertama.

"Berkaitan dengan kependudukan, soal kuantitas dikendalikan, dan kualitas ditingkatkan," katanya.

Surya menambahkan, pelaksanaan program Kampung KB selaras dengan tiga agenda pembangunan pemerintah, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, meningkatkan kualitas hidup dan revolusi karakter bangsa. Sedangkan untuk target jangka panjang, pada 2020 hingga 2030 nanti diharapkan kualitas karakter dan kompetensi manusia Indonesia bisa meningkat, sesuai dengan poin nomor 5 dalam Nawa Cita Jokowi-JK.

Jumlah penduduk Gampong Krueng Raya saat ini sebanyak 1795 jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari  855 warga laki-laki dan 940 warga perempuan. Kampung ini memiliki 5 RW dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan petani dan pedagang.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA