Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengenang Ratusan Korban Serangan Teror 26/11 di Mumbai

OLEH: VEERAMALLA ANJAIAH

Minggu, 26 November 2023, 12:58 WIB
Mengenang Ratusan Korban Serangan Teror 26/11 di Mumbai
Sekelompok teroris dari Pakistan melancarkan pengepungan selama 60 jam di Mumbai, ibu kota keuangan India pada 26 November 2008/Net
LIMA belas tahun yang lalu, tepatnya hari ini pada tanggal 26 November 2008, sekelompok teroris dari Pakistan melancarkan pengepungan selama 60 jam di Mumbai, ibu kota keuangan India.

Serangan tersebut, yang berlangsung hingga 29 November, di stasiun kereta api, hotel mewah, rumah sakit dan pusat kebudayaan Yahudi merenggut 175 nyawa, termasuk 18 personel keamanan dan sembilan teroris.

Secara keseluruhan, para teroris telah melancarkan 12 serangan terkoordinasi di berbagai tempat di kota tersebut.

Enam orang Amerika dan 20 orang asing lainnya dari 15 negara juga tewas dalam serangan tersebut. Lebih dari 300 orang terluka.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa India tidak akan pernah melupakan luka yang ditimbulkan selama serangan tahun 2008 di Mumbai. Ia memberikan penghormatan kepada polisi dan semua warga negara serta orang asing yang kehilangan nyawa dalam serangan tersebut.

“Hari ini dikaitkan dengan serangan teroris terbesar di negara ini. Pada tahun 2008, teroris dari Pakistan menyerang Mumbai. Banyak orang India tewas dalam serangan ini. Orang-orang dari banyak negara lainnya terbunuh. Saya memberikan penghormatan kepada semua orang yang tewas dalam serangan Mumbai,” kata Modi kepada surat kabar Hindustan Times beberapa waktu lalu.

Kenangan akan serangan teror Mumbai masih jelas, ujar Amerika Serikat.

"Serangan teroris yang terjadi pada tahun 2008 di Mumbai, tentu saja, kenangannya masih jelas. Serangan tersebut masih jelas di sini (dan) di India," lapor situs ndtv.com mengutip Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price seperti yang dikatakannya pada konferensi pers di Washington baru-baru ini.

“Hal serupa juga masih terjadi di Amerika Serikat. Kita semua dapat mengingat gambaran mengerikan pada hari itu, penyerangan terhadap hotel, pertumpahan darah yang diakibatkannya, dan itulah sebabnya kami terus menuntut pertanggungjawaban para pelakunya, bukan hanya para pelaku yang merenggut begitu banyak nyawa tak berdosa pada hari itu, namun juga kelompok-kelompok teroris yang berada di balik kejadian ini, yang membantu mengaturnya juga.”

Apa sebenarnya yang terjadi pada tanggal 26-29 November 2008 di Mumbai?

Pada malam tanggal 26 November 2008, sekelompok teroris bersenjata dari Pakistan menyerang kota Mumbai. Sepuluh teroris tersebut, yang dilatih oleh kelompok teror Lashkar-e-Taiba (LeT) yang berbasis di Pakistan di Karachi dan Thatta , Pakistan, menargetkan beberapa lokasi penting di Mumbai secara bersamaan dan tanpa ampun membunuh 175 orang.

Serangan tersebut direncanakan dan dilaksanakan oleh LeT dan organisasi induknya, Jamat ud Dawa (JUD). Anehnya, LeT dicekal oleh Pakistan pada tahun 2002. LeT secara terbuka menjalankan aktivitasnya melalui JUD, yang dilarang pada 11 Desember 2008. Baik LeT maupun JUD berafiliasi dengan al-Qaeda dan telah menerima dukungan penuh dalam bentuk uang, senjata dan pelatihan dari Angkatan Darat Pakistan dan Intelijen Antar-Layanan (ISI).

Para teroris diselundupkan ke Mumbai melalui laut dalam misi bunuh diri. Mereka dilatih peperangan laut, renang, senjata otomatis (AK-47), granat tangan dan telepon satelit oleh pelatih (baik pensiunan maupun aktif) dari Angkatan Darat Pakistan dan ISI.

Mereka menggunakan granat Type 86 yang diproduksi oleh perusahaan milik negara China, Norinco.

Mereka menyerang stasiun kereta api, rumah sakit, kafe, pusat Yahudi dan dua hotel. Mereka membunuh warga sipil, supir taksi, staf hotel, orang asing dan petugas keamanan. Sebelum datang ke Mumbai, mereka membajak sebuah kapal nelayan India dan membunuh empat awaknya. Hal baru dalam serangan Mumbai adalah bahwa teroris juga menargetkan orang asing selain orang India.

Serangan teror Mumbai 26/11 mungkin merupakan satu-satunya serangan teror di dunia yang direkam secara langsung dengan bukti lengkap mengenai siapa yang mendanai, melatih dan memberikan instruksi kepada para teroris mengenai di mana harus menyerang dan siapa yang harus dibunuh.

Aspek penting lainnya adalah penangkapan Mohammad Azmal Amir Kasab, salah satu dari 10 teroris. Kasab memberikan semua rincian serangan Mumbai. Penangkapan seorang warga Pakistan-Amerika, David Headley, di AS mengungkap lebih banyak rincian serangan tersebut. Headley mengaku menerima uang tunai sebesar AS$28.500 dari petugas ISI, Mayor Iqbal (nama samaran), untuk melakukan perjalanan ke Mumbai guna mengumpulkan informasi tentang calon sasaran.

Kasab, yang diidentifikasi oleh seorang saksi anak berusia sembilan tahun Devika Rotawan di pengadilan, dieksekusi pada tanggal 21 November 2012 di penjara Yerwada di Pune. Headley dijatuhi hukuman 35 tahun penjara di AS pada tahun 2013 karena perannya dalam perencanaan dan pengintaian tingkat lanjut atas serangan Mumbai.

Yang memalukan, pada awalnya Pakistan menyangkal bahwa para penyerang adalah warga Pakistan. Namun, jurnalis Pakistan dapat memastikan bahwa 10 penyerang tersebut memang orang Pakistan. Menurut pemberitaan media, Kasab berasal dari Faridkot, Abu Ismail Dera Ismail Khan dari Dera Ismail Khan, Hafiz Arshad dari Multan, Babr Imran dari Multan, Javed dari Okara, Shoaib dari Sialkot, Nazir Ahmed dari Faisalabad, Nasir dari Faisalabad, Abdul Rahman dari Arifwalla dan Fahadullah dari Dialup. Baru kemudian Pakistan akhirnya mengakui bahwa semua teroris berasal dari Pakistan dan berjanji akan mengadili para perencananya.

Siapa Saja Teroris Tersebut?


“Mereka adalah orang-orang yang sangat, sangat miskin. Kedua, mereka telah dicuci otak sepenuhnya. Ketiga, mereka dijanjikan semacam pahala di surga dan keempat, semacam santunan tunai kepada keluarga mereka setelah kematian mereka. Mereka percaya pada propaganda kebencian terhadap negara (India) yang sedang berkembang,” jelas Letjen. [Purn] Shokin Chauhan, mantan Direktur Jenderal Assam Rifles India, pada seminar internasional di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) belakangan ini.

Serangan teror Mumbai merupakan bagian dari terorisme lintas batas Pakistan di India dan tujuan utama Pakistan adalah untuk mengacaukan India dengan segala cara.

“Serangan militan di seluruh dunia berakar dari Pakistan, termasuk serangan di Bali. Islamabad mengatakan Angkatan Darat Pakistan telah menerapkan kebijakan terorisme lintas batas dalam upayanya untuk melakukan 'seribu luka yang membuat India berdarah'. Oleh karena itu, mensponsori terorisme telah menjadi bagian penting dari kenegaraan Pakistan,” ungkap Dr. Sameer Patil, Peneliti Senior di Observer Research Foundation (ORF), pada seminar yang sama.

Mengapa Mumbai?

Dengan 13 juta orang di Mumbai dan 23 juta orang di Greater Mumbai, Mumbai adalah kota terpadat kedua di India dan kota terpadat ketujuh di dunia.

Mumbai adalah ibu kota keuangan, komersial dan hiburan India. Kota ini menyumbang 6,16 persen produk domestik bruto (PDB) India. Pelabuhannya  menghasilkan 25 persen hasil industri negara dan menyumbang 70 persen perdagangan India. Sekitar 70 persen dari seluruh transaksi keuangan di India dilakukan di Mumbai.

Ini bukan pertama kalinya Mumbai menghadapi serangan teror yang disponsori oleh Pakistan.

Pada tahun 1992-1993, Pakistan memicu kerusuhan agama yang menewaskan sekitar 1.000 orang. Sekitar 257 orang tewas dalam pemboman terkoordinasi tanggal 12 Maret 1993.

Setidaknya 209 orang tewas dalam ledakan kereta api Mumbai pada bulan Juli 2006. Pada 13 Juli 2011 terjadi beberapa kali ledakan di Mumbai yang menewaskan 26 orang.

Ada bukti dan kesaksian yang jelas dari tiga orang tentang serangan teror Mumbai tahun 2008. Pakistan tidak berkepentingan untuk mengadili teroris dan dalang serangan teror Mumbai.

Serangan Mumbai sangat mirip dengan bom Bali tahun 2002. Bom Bali dilancarkan oleh teroris Jemaah Islamiyah (JI) pada tanggal 12 Oktober 2002, yang menewaskan 202 orang, termasuk 88 warga Australia, 38 warga Indonesia dan 23 warga Inggris. JI memiliki hubungan dekat dengan al-Qaeda seperti kelompok teror LeT di Pakistan.

Tahun ini, Indonesia memperingati 21 tahun serangan bom Bali dan memberikan penghormatan kepada para korban, sedangkan India memperingati 15 tahun serangan teror Mumbai tahun ini dan memberikan penghormatan kepada para korbannya.

Sangat menyedihkan bahwa para korban serangan teror 26/11 Mumbai tidak mendapatkan keadilan bahkan setelah 15 tahun berlalu karena dalang serangan-serangan ini masih bebas berkeliaran di Pakistan. Komunitas internasional harus memberikan tekanan pada Pakistan untuk mengambil tindakan terhadap dalang serangan teror Mumbai dan berhenti mensponsori terorisme di India.rmol news logo article

Penulis adalah seorang jurnalis senior yang tinggal di Jakarta


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA