Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Surat Terbuka untuk Joe Biden Hentikan Genosida di Palestina

OLEH: NURHAYATI ALI ASSEGAF

Selasa, 14 November 2023, 02:32 WIB
Surat Terbuka untuk Joe Biden Hentikan Genosida di Palestina
Ilustrasi/Net
Jakarta, 12 November 2023
Nomor : 017/XI/2023
Perihal : Surat Terbuka untuk Melindungi Perempuan dan Anak dan Menghentikan Genosida di Palestina

Kepada Yang Terhormat Presiden Joseph Biden
White House
1600 Pennsylvania Avenue, NW
Washington, DC 2050
0

PRESIDEN Biden yang terhormat,

Saya menulis kepada Anda hari ini dengan berlinang air mata atas perang yang sedang berlangsung di Palestina, yang telah menyebabkan banyak korban jiwa pada perempuan dan anak-anak. Situasi ini telah menyebabkan penderitaan yang luar biasa, dan sangat penting bagi kita untuk segera mengatasi masalah serius mengenai terbunuhnya perempuan dan anak-anak yang tidak bersalah dalam perang ini.

Gambar dan laporan menunjukkan jumlah korban tewas akibat agresi Israel di tanah Palestina sejak 7 Oktober adalah 9.500 jiwa, termasuk 3.900 anak-anak dan 2.509 perempuan (menurut Kantor Media Gaza pada 5 November 2023).

Terlebih lagi, hilangnya nyawa tak berdosa bukan sekAdar statistik; mereka mewakili ibu, anak perempuan, dan anak laki-laki yang impian dan masa depannya telah dicuri dengan kejam. Penderitaan perempuan dan anak-anak di Palestina sudah tidak terkira lagi dan tidak bisa dibiarkan terus berlanjut.

Sepanjang sejarah, perempuan dan anak-anak selalu menanggung dampak perang yang paling berat, dan menderita kesulitan jangka panjang. Perang Israel di Palestina merupakan contoh nyata dari kenyataan tragis ini, karena perang ini terus memakan banyak korban jiwa dari hari ke hari. Sehingga masyarakat internasional menyebut peristiwa Genosida ini sebagai tragedi kemanusiaan.

Human Rights Watch melaporkan bahwa kondisi tempat penampungan di Palestina bagi sekitar 1,4 juta pengungsi internal sangat memprihatinkan. Menurut Dana Kependudukan PBB, sekitar 50.000 perempuan hamil di Palestina tidak mempunyai akses terhadap layanan kesehatan dan lebih dari 5.500 perempuan diperkirakan akan melahirkan. Semuanya terjadi karena tidak adanya fasilitas medis yang memadai.

Analisis cepat gender PBB mengenai situasi terkini mencerminkan kekhawatiran ini. Dampak konflik terhadap perempuan dan anak merupakan tragedi yang patut menyadarkan kesadaran kolektif kita. Penderitaan mereka menggarisbawahi kebutuhan mendesak masyarakat internasional untuk mendesak pemulihan pasokan listrik dan air, pemberian bahan bakar ke Palestina, dan pembukaan perbatasan untuk bantuan kemanusiaan.

Di tengah semua kekejaman perang Palestina, sayangnya bulan lalu menandai peringatan Resolusi 1325 Dewan Keamanan PBB tentang “Perempuan, Perdamaian, dan Keamanan.” Pada Oktober 2000, resolusi tersebut diadopsi, mengakui peran perempuan dalam memperkuat partisipasi mereka dalam pengambilan keputusan, mengakhiri kekerasan seksual dan impunitas, dan memperkuat prospek perdamaian berkelanjutan.

Oleh karena itu saya mendorong Anda untuk mengambil langkah-langkah berikut:

1. Menghentikan dukungan militer AS terhadap Israel dalam segala bentuk.
2. Mengambil tindakan segera untuk gencatan senjata tanpa syarat di semua sisi perang untuk melindungi kehidupan perempuan dan anak-anak.
3. Menyerukan bantuan kemanusiaan internasional untuk mengakhiri penderitaan akibat Genosida di Palestina.
4. Mendesak Israel segera melaksanakan Resolusi PBB tentang solusi dua negara dengan kesepakatan damai.

Saya menekankan bahwa Genosida yang ditampilkan setiap hari di media arus utama dan media sosial memiliki dampak buruk terhadap perempuan dan anak-anak di seluruh dunia, yang mana hal ini akan tetap menjadi pengalaman traumatis dan cepat atau lambat. Saya khawatir mereka akan menyalahkan AS sebagai pendukung utama Israel.

Sebagai Presiden Nuraa Women’s Institute dan Duta Global SDGs untuk Pemimpin Politik Perempuan, saya percaya bahwa tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs 2030) yang ditandatangani oleh 193 negara dengan tujuan akhir “tidak meninggalkan siapapun” hanya dapat dicapai melalui komitmen internasional untuk menghentikan perang.

Masyarakat Palestina, khususnya perempuan dan anak-anak, tidak dikecualikan dari SDGs, sehingga mereka berhak hidup damai dan sejahtera. Bebas dari Genosida.

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Anda terhadap masalah mendesak ini dan komitmen Anda untuk mengakhiri Genosida di Palestina.

Kepemimpinan Anda dan tindakan-tindakannya dalam mengadvokasi penyelesaian perang secara damai dan perlindungan nyawa tak berdosa akan dikenang sebagai pahlawan yang membela perempuan dan anak-anak di masa-masa sulit ini. 
Sincerely Yoursrmol news logo article
Penulis adalah Presiden Nuraa Women’s Institute
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA