Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pergerakan Kaum Milenial Meraih Indonesia Emas 2045

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/salamuddin-daeng-5'>SALAMUDDIN DAENG</a>
OLEH: SALAMUDDIN DAENG
  • Sabtu, 11 November 2023, 17:21 WIB
Pergerakan Kaum Milenial Meraih Indonesia Emas 2045
Ilustrasi/Net
SEJARAH Indonesia adalah sejarah pergerakan. Pergerakan Indoneaia adalah sejarah membebaskan diri dari penjajahan.

Perjuangan membebaskan diri dari imperialisme dan kolonialisme adalah sejarah kaum muda. Dan kaum muda Indonesia selalu inheren dengan sejarahnya yang progresif.

Pergerakan, perjuangan kaum muda, kaum milenial saat ini telah mengkristal, mewujudkan diri dalam tindakan tindakan nyata pada Pemilu 2024.

Saat ini, telah diputuskan secara konstitusional bahwa anak muda umur 40 tahun ke bawah berhak mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden. Dari sini akan dimulai harapan Indonesia emas tahun 2045 di tangan pergerakan kaum muda milenial 2024.

Ingat sejarah! Tahun 1908 adalah tonggak penting bagi kesadaran akan kemerdekaan. Kesadaran ini dimulai anak anak Indonesia dari golongan para keluarga raja-raja, bangsawan, orang-orang kaya yang memiliki kesempatan menyekolahkan anak-anak mereka.

Jadilah generasi awal ini tercerahkan. Sampailah mereka pada kesadaran bahwa bangsanya, rakyatnya, tertindas oleh penjajahan. Merekalah yang menanam benih benih pergerakan kebangsaan Indonesia.

Tahun 1928 kesadaran akan kebangsaan Indonesia mengkristal menjadi gerakan. Anak-anak muda belia mewarisi padangan para senior mereka melakukan prokalamsi pertama, menyatakan berbangsa satu, bertahah air satu, dan menggunakan bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia. Ini adalah gerakan kebangsaan yang menjadi kunci untuk membuka gembok penjajahan.

Para pemuda, yang kalau orang orang sekarang dari sisi usia akan menyebut mereka sebagai anak ingusan, telah melakukan lompatan yang sangat besar yakni memproklamasikan Indonesia. Sehingga, peristiwa ini sering disebut proklamasi kemerdekaan pertama.

Generasi Sumpah Pemuda inilah adalah generasi emas, yang terus melakukan pergulatan, bergerak, bertindak, sehingga  sampailah pada 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka diproklamasikan, dengan segenap kelengkapannya yakni falsafah dan dasar negara Pancasila dan konstitusi negara yakni UUD 1945, yang keduanya bulat kuat dan tidak dapat dipisahkan.

Tahun 2028 adalah 100 tahun Sumpah Pemuda.  Ini adalah waktu yang cukup bagi suatu bangsa yang telah diproklamasikan untuk memperkokoh landasan kebangsaannya. Di atas landasan itu lahir generasi generasi baru, pemuda belia yang baru yang akan melompat lebih tinggi lagi, melampoi pencapaian senior senior mereka.

Tahun 2045 adalah 100 tahun Indonesia merdeka. Inilah yang disebut sebagai tahun keemasan, Pancasila emas, UUD 1945 emas.

Zaman kejayaan di atas usaha kaum milenial saat ini, para pemuda belia saat ini, mereka bukan anak ingusan, mereka adalah kaum pergerakan. Pemuda emas bagi Indonesia emas 2045.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA