Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cak Imin Dorong Pesantren Jadi Pelopor Pendidikan Antikekerasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 22 Oktober 2024, 17:26 WIB
Cak Imin Dorong Pesantren Jadi Pelopor Pendidikan Antikekerasan
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimin Iskandar/Ist
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Santri 2024, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar, mengajak pesantren untuk menolak segala bentuk kekerasan di dunia pendidikan.

Hal itu disampaikan sosok yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat ini saat menghadiri Apel Hari Santri di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an wal Hadits, Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 22 Oktober 2024.

Cak Imin, sapaan akrabnya, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada pesantren-pesantren di Indonesia atas kontribusi besar mereka terhadap pendidikan nasional. 

Namun, ia juga menyoroti masalah darurat kekerasan yang belakangan terjadi di lembaga pendidikan, terutama yang berbasis asrama, baik pesantren maupun sekolah agama.

"Kita harus jujur mengakui bahwa akhir-akhir ini terjadi ancaman darurat kekerasan di lembaga pendidikan," kata Cak Imin seperti dikutip redaksi lewat akun X pribadinya, Selasa, 22 Oktober 2024.

Atas dasar keprihatinan tersebut, Cak Imin mendorong agar Hari Santri Nasional kali ini menjadi komitmen bersama untuk menolak segala bentuk kekerasan di dunia pendidikan.

"Kita lawan seluruh bentuk kekerasan dan pesantren harus menjadi pelopor pendidikan antikekerasan," tegas mantan Wakil Ketua DPR RI itu.

Dengan semangat ini, Cak Imin mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama lembaga pendidikan, untuk bersatu menghadapi tantangan ke depan yang pasti lebih berat. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA