Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emas Olimpiade Antarkan Taufik Hidayat Jadi Wakil Menpora

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 21 Oktober 2024, 17:10 WIB
Emas Olimpiade Antarkan Taufik Hidayat Jadi Wakil Menpora
Taufik Hidayat dipercaya menjadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga di Kabinet Merah Putih/Istimewa
rmol news logo Taufik Hidayat resmi menjadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga. Legenda bulutangkis Indonesia itu akan mendampingi Menpora Dito Ariotedjo dalam mengembangkan dunia olahraga nasional. 

Saat dipanggil ke kediaman Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, pada 15 Oktober 2024 lalu peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena itu, mengaku diminta membantu di kabinet sesuai dengan bidang keahliannya.

Taufik Hidayat diminta Prabowo untuk diminta meningkatkan prestasi olahraga.

"Ya untuk ditingkatkan lagi prestasi olahraga. Beliau berbicara olahraga dengan saya," ujar Taufik saat itu.

Dan hari ini, Senin, 21 Oktober 2024, Taufik bersama puluhan wakil menteri lainnya resmi dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara. 

"Nah dengan adanya Mas Taufik ini saya rasa sangat positif, di mana ketokohan beliau sangat inspirasi bagi generasi muda," ujar Menpora Dito di Kemenpora, di Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024. 

"Di dunia olahraga, mas Taufik ini legenda dan ketika turun saya yakin akan memberikan energi dan atmosfer positif," sambungnya.

Bagi Taufik, menjadi bagian dari Kemenpora bukanlah kali pertama. Ia pernah didapuk menjadi Wakil Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) 2016-2017, serta menjadi staf khusus di Kemenpora pada 2017-2018.

Dengan rekam jejak tersebut, mantan atlet bulutangkis tunggal putra nomor 1 dunia ini akhirnya dipercaya Prabowo untuk mengembangkan potensi Indonesia di bidang olahraga agar berprestasi di kancah dunia.

Lahir dan besar di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Taufik yang lahir pada 10 Agustus 1981 ini mengenal bulutangkis sejak usia 8 tahun. Bakatnya yang luar biasa membawa dirinya masuk pelatnas pada 1996.

Di bawah gemblengan tangan dingin pelatih Mulyo Handoyo, talenta Taufik main terasah dengan baik untuk jadi andalan Indonesia di berbagai event dunia.

Taufik tercatat pernah meraih medali emas di Kejuaraan Asia Junior 1997 di Manila, kemudian medali emas SEA Games maupun Asian Games, baik di nomor beregu putra maupun nomor perorangan putra.

Dia juga menjadi bagian dari kesuksesan tim Indonesia membawa pulang Piala Thomas di Kuala Lumpur pada 2000 dan Guangzhou 2002, serta menjadi juara dunia pada 2005 di Anaheim.

Puncak prestasi Taufik tentu saja saat menyabet medali emas Olimpiade 2004 di Athena, hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 2013. 

Dunia politik pun bukan hal yang asing bagi Taufik. Suami dari Ami Gumelar ini pada Pemilu legislatif 2024, ikut mencalonkan diri di dapil Jawa Barat II melalui partai Gerindra. Namun, gagal.

Kini Taufik mendapat amanah menjadi Wakil Menpora. Jabatan baru yang penuh dengan tanggung jawab untuk bisa mendongkrak olahraga nasional ke tingkat global. Seperti halnya bulutangkis yang sudah diakui dunia. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA