Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

3 Purnawirawan dan 2 Jenderal Polisi Aktif Gabung Kabinet Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 21 Oktober 2024, 03:00 WIB
3 Purnawirawan dan 2 Jenderal Polisi Aktif Gabung Kabinet Prabowo
Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan kepada Komjen Pol Agus Andrianto/Ist
rmol news logo Presiden Prabowo Subianto menunjuk tiga purnawirawan Jenderal Polisi masuk ke Kabinet Merah Putih sebagaimana diumumkan di Istana Kepresidenan, Minggu malam, 20 Oktober 2024.

Pertama, Budi Gunawan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan. Budi Gunawan tercatat pernah menjadi Wakapolri dan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Purnawirawan Jenderal Polisi lainnya adalah Tito Karnavian. Mantan Kapolri ini kembali menduduki kursi Menteri Dalam Negeri.

Sosok ketiga adalah Komjen Pol (Purn) Suntana. Mantan Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri ini didapuk sebagai Wakil Menteri Perhubungan.

Selain tiga purnawirawan, Prabowo juga menunjuk dua Jenderal Polri aktif, yakni mantan Wakapolri Komjen Agus Andrianto sebagai Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Nama terakhir ada Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Pori, Komjen Purwadi Arianto yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri PAN/RB. 

Berkaitan dengan Komjen Agus dan Komjen Purwadi, Mabes Polri memastikan status keduanya sudah tidak menjadi anggota Polri setelah masuk Kabinet Merah Putih.

Keduanya telah keluar sebagai anggota melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 99/Polri/Tahun 2024 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Perwira Tinggi Polri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA