Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Herindra dan Tito, 2 Peraih Adhi Makayasa Satu Angkatan Perkuat Pemerintahan Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 17 Oktober 2024, 12:18 WIB
Herindra dan Tito, 2 Peraih Adhi Makayasa Satu Angkatan Perkuat Pemerintahan Prabowo
Presiden Soeharto saat menyematkan Adhi Makayasa kepada Letda Tito Karnavian saat Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Akpol 1987/Ist
rmol news logo Pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan diperkuat sosok-sosok mumpuni dan sarat prestasi dari jebolan Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol).

Dari puluhan calon menteri, wakil menteri hingga kepala badan yang dipanggil Prabowo, beberapa di antaranya merupakan lulusan terbaik Akmil dan Akpol.

Bahkan ada dua sosok tercatat satu angkatan di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri), sebelum dipisahkan menjadi Akmil dan Akpol. Mereka adalah Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian dan Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra.

Catatan redaksi, Tito dan Herindra lulus dari Akabri tahun 1987. Keduanya kini dipanggil Prabowo untuk membantu kabinet pemerintahan 2024-2029.

Baik Tito dan Herindra sama-sama menjadi lulusan terbaik. Tito dianugerahi Adhi Makayasa dari kepolisian dan Herindra dianugerahi Adhi Makayasa dari unsur TNI.

Tito kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebelum masuk kabinet, ia tercatat sebagai orang nomor satu di Polri sebagai Kapolri.

Sementara Letjen (Purn) Herindra menjabat Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan). Ia menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Prabowo untuk mengisi posisi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Herindra bahkan telah disetujui DPR RI sebagai Kepala BIN dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR Puan Maharani di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2024.

Selain dua nama tersebut, ada 3 peraih Adhi Makayasa lulusan terbaik Akmil yang turut dipanggil Prabowo untuk memperkuat pemerintahan 2024-2029.

Mereka adalah Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan. Ia tercatat sebagai lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara dengan penghargaan Adhi Makayasa tahun 1988.

Kemudian ada Letkol TNI (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara. Politisi Demokrat ini tercatat menjadi lulusan terbaik Akmil tahun 1999 dan meraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa.

Nama terakhir ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menteri ATR/BPN pemerintahan Presiden Joko Widodo ini kembali dipanggil untuk memperkuat kabinet Prabowo-Gibran.

Mayor TNI (Purn) ini merupakan lulusan Akmil terbaik dan meraih Adhi Makayasa tahun 2000. Sosok yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Demokrat ini bahkan mendapat penghargaan pedang Tri Sakti Wiratama. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA