Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Ketahanan Pangan, Fondasi Kesejahteraan Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 16 Oktober 2024, 13:19 WIB
Jokowi: Ketahanan Pangan, Fondasi Kesejahteraan Bangsa
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus di sektor ini.

Menurut dia, ketahanan pangan merupakan aspek penting dalam membangun kesejahteraan bangsa. 

“Ketahanan pangan adalah pondasi bagi kesejahteraan bangsa. Di Hari Pangan Sedunia ini, mari kita fokus pada pembangunan sistem pangan yang mandiri dan berkelanjutan, demi masa depan yang lebih cerah,” kata Jokowi dikutip dari akun media X pribadinya, Rabu, 16 Oktober 2024.

Sektor ketahanan pangan ini juga akan menjadi fokus presiden terpilih Prabowo Subianto mendatang. Bahkan Prabowo menempatkan isu ini secara spesifik di nomenklatur kabinetnya dengan sebuah Menteri Koordinator.

Sejarah Hari Pangan Sedunia dirayakan pertama kali pada tahun 1979. Peringatan yang diadakan setiap tanggal 16 Oktober ini setiap tahunnya mempromosikan kesadaran akan kelaparan dan tindakan untuk masa depan pangan, manusia, dan planet. 

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day ditetapkan pada tahun 1945 oleh FAO.  Organisasi ini merupakan badan nasional yang dibentuk melalui resolusi PBB No. 1/1979 di Roma Italia.

Melalui kesepakatan dari 150 negara anggota termasuk Indonesia, FAO menetapkan tanggal 16 Oktober sebagai Hari Pangan Sedunia. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan terbentuknya FAO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA