Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertahankan Disertasi, Herzaky: Kepemimpinan AHY Kunci Soliditas Demokrat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 12 Oktober 2024, 10:42 WIB
Pertahankan Disertasi, Herzaky: Kepemimpinan AHY Kunci Soliditas Demokrat
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat, Herzaky Mahendra Putra/Ist
rmol news logo Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat, Herzaky Mahendra Putra berhasil mempertahankan disertasinya untuk meraih gelar Doktor di Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga.

Adapun disertasinya berjudul  Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja, dan Komitmen terhadap Decision to Stay yang Dimediasi oleh Intention to Stay pada Partai Demokrat di Indonesia Pasca Penolakan Pengesahan KLB Ilegal oleh Kemenkumham

Herzaki diuji oleh ketua tim sidang Direktur Pascasarjana Unair, Prof Badri Munir Sukoco dengan promotor Prof Fendy Suhariadi dan co promotor Prof Suparto Wijoyo. 

Disertasi tersebut menggali pengaruh kepemimpinan transformasional, khususnya di Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menjaga menjaga soliditas kader pasca ancaman besar pihak luar.

"Kepemimpinan AHY bukan hanya soal mengelola partai, tetapi juga tentang menumbuhkan rasa kebersamaan dan komitmen jangka panjang di antara para kader," kata Herzaky dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Penolakan KLB ilegal oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) disebut sebagai momen krusial yang menguji soliditas Demokrat. Herzaky menyoroti kepemimpinan AHY dalam menjaga partai dari perpecahan melalui nilai-nilai luhur dan visi yang jelas.

Herzaky juga menekankan bahwa gaya kepemimpinan AHY membawa angin segar di tengah dominasi politik transaksional di Indonesia.

"Demokrat tetap solid karena kami dipimpin oleh pemimpin yang berbasis pada integritas dan visi jangka panjang, bukan kepentingan jangka pendek," jelas Herzaky yang meraih predikat cum laude ini.

Salah satu yang disoroti Herzaky terkait tantangan besar di dunia politik Indonesia, terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) di partai politik. 

Melalui disertasinya, Herzaky berharap dapat membuka jalan bagi penelitian lanjutan yang lebih mendalam mengenai pengelolaan partai politik yang berorientasi pada pengembangan SDM.

Ia juga menegaskan, partai politik memiliki peran penting dalam membentuk pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia.

"Kita sering mendengar tentang pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam upaya mencapai Indonesia Emas di 2045, namun jarang sekali membahas pengelolaan partai politik sebagai tempat pembentukan pemimpin masa depan," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA