Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Didorong Libatkan KPK jika Bikin Zaken Kabinet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 07 Oktober 2024, 22:24 WIB
Prabowo Didorong Libatkan KPK jika Bikin Zaken Kabinet
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming/Ist
rmol news logo Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto diusulkan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam menyeleksi sosok-sosok yang akan dipilih menjadi menteri. 

Pengamat politik Citra Institute, Efriza menilai, isu mengenai pembentukan zaken kabinet seharusnya diimbangi dengan usaha memperketat pemilihan menteri-menteri. 

"Ketimbang zaken kabinet semata, lebih baik jika calon menterinya yang dipilih mengikutsertakan KPK, juga pengumuman LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara)," ujar Efriza kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, pada Senin, 7 Oktober 2024.

Selain itu, Efriza juga menyarankan Prabowo untuk membuka ruang partisipasi masyarakat, untuk menanggapi nama-nama menteri yang akan direkrut Prabowo ke dalam kabinet. 

"Dan juga disampaikan alasannya dan diberikan rakyat beberapa hari menyampaikan pandangannya," sambungnya. 

Lebih lanjut, dalam pandangan dosen ilmu pemerintahan Universitas Pamulang (UNPAM) itu, keterlibatan masyarakat menjadi penting untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan ke depan. 

"Ini yang lebih demokratis melibatkan masyarakat, mencegah korupsi, menunjukkan transparansi penghasilannya, ketimbang dikotomi orang profesional dan orang partai politik semata," demikian Efriza menambahkan. rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA