Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Tak Perlu Ganti Kapolri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 07 Oktober 2024, 20:05 WIB
Prabowo Tak Perlu Ganti  Kapolri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Ist
rmol news logo Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka didorong mempertahankan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo jika resmi dilantik pada 20 Oktober 2024.

"Mempertahankan Kapolri penting untuk menjaga stabilitas nasional di masa kritis pada satu tahun pertama," kata Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Senin, 7 Oktober 2024.

Nantinya, kata Haidar, tugas Polri akan semakin berat. Karena di sisi lain terdapat masalah sosial ekonomi yang berpotensi menjadi bom waktu dan bisa meledak kapan saja.

Tantangan berat tersebut hanya bisa dihadapi secara optimal dengan struktur Polri saat ini yang sudah kuat dari pucuk hingga ke akarnya.

Saat Pilpres dan Pileg pada Februari 2024, peran Polri dinilai sudah optimal. Terbukti, pemilu berjalan jauh lebih aman dan damai dibandingkan pemilu sebelumnya.

"Diharapkan hal yang sama juga terjadi pada Pilkada Serentak 2024," kata Haidar.

Selain itu, kata Haidar, kinerja Polri yang sangat baik di bawah kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo yang tergambar dari adanya kesesuaian antara hasil survei internal Polri, lembaga survei nasional bahkan internasional, perlu dipertahankan.

Hasil survei Puslitbang Polri menunjukkan adanya kenaikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri sebesar 4,79 persen. Dari 80,98 persen pada tahun 2020 menjadi 85,77 persen pada tahun 2023.

Hasil survei Litbang Kompas juga menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri tahun 2023 mencapai 87,8 persen.

Lantas, pada pertengahan 2024, Polri menjadi lembaga penegak hukum dengan citra positif terbaik mengungguli Kejaksaan, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sementara hasil riset lembaga internasional tahun 2023 menunjukkan bahwa Polri melakukan lompatan kinerja signifikan dengan naik 21 peringkat dibanding sebelumnya. Dari peringkat ke-84 menjadi peringkat ke-63.

"Posisi Kapolri untuk Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah the right place for the right person at the right time," tutup Haidar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA