Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabinet 2024 Tempat Khusus Pendukung Loyal Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 06 Oktober 2024, 17:56 WIB
Kabinet 2024 Tempat Khusus Pendukung Loyal Prabowo
Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto/RMOL
rmol news logo Pos kabinet di pemerintahan Prabowo-Gibran diprediksi bakal diisi oleh pihak-pihak yang telah berjuang sejak masa kampanye Pilpres 2024.

Analis politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Dedi Kurnia Syah memprediksi, kursi kementerian mayoritas diberikan kepada tokoh politik dibanding para profesional. Hal itu ditandai dengan adanya perubahan undang-undang terkait kabinet. 

“Desakan untuk mengubah UU Kabinet dengan banyaknya pos, maka potensial akan diisi oleh pihak yang telah bersama Prabowo di masa kampanye,” kata Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (6/10).

Ia mengamini, belakangan ada dorongan untuk membentuk zaken kabinet, yakni kabinet pemerintahan yang hanya diisi oleh kalangan profesional di bidangnya.

Namun jika melihat gemuknya mitra koalisi Prabowo-Gibran, Dedi tidak bisa menampik kalangan politisi akan tetap mendominasi.

“Banyaknya mitra koalisi, ini juga menguatkan dugaan jika kabinet akan terisi dengan tokoh politis. Meskipun bukan kader parpol, tapi mereka akan tetap diendorse parpol untuk menjadi menteri,” tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA