Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elektabilitas RK-Suswono Tembus 47,5 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 27 September 2024, 23:00 WIB
Elektabilitas RK-Suswono Tembus 47,5 Persen
Pasangan Cagub-Cawagub Pilkada Jakarta 2024 nomor urut satu, Ridwan Kamil (RK)-Suswono/Ist
rmol news logo Pasangan Cagub-Cawagub Pilkada Jakarta 2024 nomor urut satu, Ridwan Kamil (RK)-Suswono meraih elektabilitas 47,5 persen dalam survei terbaru Poltracking Indonesia yang dirilis Jumat (27/9).

Posisi dua ditempati pasangan Pramono Anung-Rano Karno dengan raihan 31,5 persen. Kemudian, Dharma Pongrekun-Kun Wardana di angka 5,1 persen. Sementara sebanyak 15,9 persen dari survei belum menentukan pilihan.

Pengambilan sampel survei dilakukan 9 hingga 15 September 2024. Populasi survei merupakan warga Jakarta dengan jumlah responden 1.200. 

Metode survei multistage random sampling dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95%. Sistem pengambilan survei melakukan wawancara tatap muka.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR mengatakan, selisih pasangan Ridwan Kamil-Suswono dengan Pramono-Rano Karno masih kompetitif yang hanya di angka 16 persen. Apalagi, belum ada pasangan yang memenuhi syarat 50 persen plus satu.

“Selisihnya persis 16 persen, angka ini jauh kalau Pilkadanya seminggu lagi, tipis selisihnya kalau Pilkadanya masih jauh 2 bulan, fluktuatif masih mungkin, ini selisih tidak tinggi, hampir kompetitif. Tinggal apakah bisa melampaui 50 persen plus 1,” kata Hanta dalam keterangannya.

Bahkan, Hanta Yudha pun mengungkapkan ada peluang Pilkada Jakarta berlangsung dua putaran jika elektabilitas Ridwan Kamil-Siswono dan Pramono-Rano Karno mengalami penurunan.

“Kalau calon independen yang naik maka akan berpeluang dua putaran. Kalau ternyata pertumbuhan pada independen ini stuck di 5 persen, kemudian di antara 2 pasangan memiliki selisih maka pasti 1 putaran,” demikian Hanta.rmol news logo article







Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA