Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo: Pemerintah Terus Beradaptasi dengan Kemajuan Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 25 September 2024, 08:10 WIB
Menkominfo: Pemerintah Terus Beradaptasi dengan Kemajuan Digital
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi/Net
rmol news logo Ketergantungan Indonesia terhadap platform digital dan ekosistem teknologi dari luar negeri semakin besar. Laju transformasi digital yang semakin cepat mengubah perilaku mulai dari transaksi ekonomi dan perbankan.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi saat memberikan opening speech pada acara seminar Nasional bertema “Mewujudkan Kedaulatan Digital Indonesia Bersinergi Membangun dan Memperkokoh Digitalisasi Negeri” yang digelar pada Selasa, (24/9). 

Budi mengatakan bahwa akselerasi transformasi inilah yang tengah didorong oleh pemerintah demi mencapai kedaulatan digital. 

“Dalam menyikapi laju transformasi digital yang kian pesat berbagai negara, (Pemerintah) terus mempersiapkan diri untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan digital," ujar Budi.

Budi menjelaskan, langkah-langkah untuk menegakkan kedaulatan digital ini diwujudkan melalui berbagai kebijakan, termasuk kehadiran data center, penguatan sumber daya manusia (SDM), dan penerapan regulasi seperti Permenkominfo 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat serta Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perlindungan Data Pribadi (RPP PDP).

Dia menjelaskan, dalam konsep kedaulatan digital salah satu aspek penting yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi transformasi digital adalah pemahaman akan kedaulatan itu sendiri. 

Pasalnya, lanjut Budi, kedaulatan digital adalah kemampuan negara untuk memastikan bahwa peraturan  yang ditaati oleh aktor dalam dunia digital baik dalam aspek hukum, ekonomi, ataupun industri. 

"Konsep ini juga tengah diimplementasikan di berbagai kawasan di tingkat global," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Direktur CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) Ristiawan Suherman menyampaikan pentingnya gambaran pemanfaatan dan inovasi teknologi keuangan yang berdaya saing digital dalam ekosistem perusahaan. 

Terdapat empat fase dalam proses digitalisasi yang dilakukan oleh CNAF, yakni branch based lending, centralized processing, new digital era, dan fully digital business.

Sementara SVP Digital Retail Banking Bank Mandiri Yanto Masyap menjelaskan transformasi digital Bank Mandiri dengan ada tiga faktor utama untuk membangun kedaulatan digital, yakni infrastruktur yang andal dan aman, kesiapan talent, serta produk digital yang inklusif. 

Lanjutnya, infrastruktur yang telah diimplementasikan pada framework transformasi digital meliputi leveled up digital readness, organization, talent and culture, modernize distribution channels, widen digital ecosystem, dan data analytics.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA