Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diungkap Roy Suryo

Kaesang Bukan Nebeng Private Jet Gang Ye, Tapi Pinjam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 18 September 2024, 03:13 WIB
Kaesang Bukan Nebeng Private Jet Gang Ye, Tapi Pinjam
Tangkapan layar Roy Suryo/RMOL
rmol news logo Alibi Kaesang Pangarep soal jet pribadi yang ditumpanginya saat melancong ke Amerika Serikat (AS) dimentahkan pakar telematika Roy Suryo. Menurut Roy, Kaesang tidak bisa membedakan antara nebeng dengan pinjam.

"Ya itulah bukti keluarga itu seperti wawancara Mbak Nana, Najwa Shihab, kepada kakaknya Gibran bahwa keluarga itu sejak kecil nggak pernah diajarin literasi yang benar. Dia nggak bisa bedain antara nebeng sama minjem," kata Roy saat menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi nasional, Selasa (17/9).

Diungkap kembali Roy Suryo, jet pribadi yang ditumpangi Kaesang merupakan jet milik Gang Ye, crazy rich asal Singapura pemilik dari Sea Ltd, induk dari perusahaan e-commerce Shopee dan pengembang game Free Fire, Garena. 

Kaesang, kata Roy, bisa saja menggunakan istilah nebeng kalau posisinya ikut serta dalam perjalanan bersama pemilik jet. Namun, jet terbang hanya  dengan manifest seorang pilot, seorang pilot cadangan, seorang kru serta empat orang lainnya termasuk Kaesang sebagai penumpang.  

"Gang Ye tidak ikut. Yang berada di pesawat itu empat orang penumpangnya. Satu Kaesang Pangarep, dua Erina Gudono, tiga kakaknya Erina yang cewek yang ada fotonya dia lagi megang stroller yang harganya Rp21 juta itu. Satu lagi ADC, staf sekaligus pengawalnya mereka," beber Roy. 

"Artinya pesawat itu tidak benar, sekali-kali saya tegaskan di sini,  tidak benar kalau itu nebeng. Tidak ada temannya (pemilik jet) yang disebut-sebut itu ikut," ucap Roy menambahkan.

Roy Suryo juga mengklaim memiliki data rute penerbangan jet pribadi yang ditumpangi Kaesang. 

Dia menyebut pesawat tidak langsung menuju Philadelphia, lokasi Erina Gudono bakal menjalani studi S2 Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice University of Pennsylvania, tetapi sempat mampir ke Los Angeles, California hingga Las Vegas, Nevada.

"Rute perjalanannya itu tidak langsung ke Philadelphia, mampir-mampir ke mana aja. Mampir pertama kali ke Los Angeles, ada fotonya. Setelah Los Angeles mampir ke Las Vegas, nginap semalam di sana. Di Las Vegas itu sempat foto ada festival apa di situ," jelas Roy

Diketahui, Kaesang sudah mendatangi KPK untuk memberikan klarifikasi soal penggunaan pesawat jet pribadi bersama istrinya Erina Gudono ke AS. Kaesang mengklaim kedatangannya bukan atas undangan KPK namun inisiatif pribadi. 

"Bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," kata Kaesang di KPK.

Kaesang menegaskan, jet pribadi yang membawanya ke AS milik temannya. Dia mengaku hanya menumpang.

"Numpang atau bahasa bekennya nebeng pesawatnya temen," demikian kata Kaesang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA