Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Kambinghitamkan Jokowi Demi Selamatkan Muka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 05 September 2024, 20:34 WIB
PDIP Kambinghitamkan Jokowi Demi Selamatkan Muka
Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan/RMOL
rmol news logo PDIP tengah mengkambinghitamkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait penjegalan terhadap Anies Baswedan nyalon gubernur (nyagub) di DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar). 

Pengamat politik Citra Institute Yusak Farchan memandang, kegagalan Anies nyagub di DKI Jakarta tidak sepenuhnya karena penjegalan oleh rezim. 

"Lantas kenapa PDIP melempar bola ke Jokowi? Saya kira biar tidak kehilangan muka saja," ujar Yusak kepada RMOL, Kamis (5/9). 

Menurutnya, jika PDIP benar-benar serius melawan Jokowi maka seharusnya yang dicalonkan adalah Anies, bukan justru Pramono Anung. 

Sebab, dia meyakini Pramono yang dipasangkan dengan Rano Karno tidak memiliki elektabilitas yang lebih tinggi ketimbang pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) ditambah PKS, Nasdem, dan PKB. 

"Di atas kertas, RK-Suswono jauh lebih unggul dibanding Pram-Rano karena didukung dengan koalisi super gemuk dan infrastruktur yang memadai," tuturnya. 

"Kalau PDIP serius melawan Jokowi, harusnya Anies yang diusung. Dan sebetulnya tidak sulit bagi PDIP mengusung Anies baik di Jakarta maupun Jabar," demikian Yusak menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA