Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Penampakan Maung MV3 yang akan Digunakan Paus Fransiskus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 05 September 2024, 08:49 WIB
Ini Penampakan Maung MV3 yang akan Digunakan Paus Fransiskus
Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad yang akan dinaiki Paus Fransiskus saat misa di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)/Ist
rmol news logo Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus akan menaiki Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad saat misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat pada Kamis sore (5/9).

Maung merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kendaraan ini telah dimodifikasi khusus untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus dalam kunjungannya di Indonesia pada 3-6 September 2024.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, penugasan pembuatan Maung MV3 Pope Mobile ini merupakan suatu kehormatan bagi perusahaannya karena produk kendaraannya dipercayai Paus Fransiskus.

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dilibatkan secara langsung dalam mendukung kendaraan operasional pemimpin umat Katolik di seluruh dunia sekaligus tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian,” kata Abraham dalam keterangan resmi, Kamis (5/9).

Maung MV3 Pope Mobile_berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta plat nomor "SCV1" yang merupakan singkatan dari Status Latin Civitatis Vaticanae (Negara Kota Vatikan).

Setelah generasi pertama Maung, Prabowo meminta beragam inovasi dan perbaikan hingga akhirnya Pindad meluncurkan generasi ketiga (MV3) yang memiliki kelebihan dari segi body tangguh dan dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem.

Maung MV3 varian Tangguh ini juga yang kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa di GBK.

Adapun modifikasi dan fitur yang ditambahkan pada Maung MV3 Pope Mobile adalah tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan.

Selain itu ada pula sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Spesifikasi umum kendaraan Maung MV3 Tangguh menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA