Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Jakarta 2024

Ini Sosok S yang Digadang-gadang Bakal Dampingi RK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Minggu, 11 Agustus 2024, 01:21 WIB
Ini Sosok S yang Digadang-gadang Bakal Dampingi RK
Kolase Ridwan Kamil dan Suswono/RMOL
rmol news logo Baru-baru ini, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkap bacawagub Ridwan Kamil (RK) nantinya berinisial S. Namun sosok S tersebut bukanlah para pentolan PKS seperti Sohibul Iman dan Syaikhu (Ahmad Syaikhu-Presiden PKS).

Para kader Golkar pun masih diam seribu bahasa siapa sosok S tersebut. Publik menduga kuat bahwa sosok S ini tetap merupakan kader PKS. 

Kader PKS memang kerap dikaitkan dengan pendamping RK. Pasalnya, partai peraih kursi terbanyak di Jakarta tersebut sudah mengambil ancang-ancang untuk tarik dukungan kepada Anies Baswedan.

Sinyal itu terungkap saat Anies Baswedan tak kunjung melirik Sohibul Iman sebagaimana disyaratkan PKS sebagai pendampingnya. Nasdem dan PKB yang lebih dulu mengusung Anies sepertinya tak tertarik dengan skenario pasangan AMAN (Anies Baswedan-Sohibul Iman).

PKS pun bergeming. Golkar yang sudang mengumumkan RK sebagai jagoannya di Pilgub Jakarta tentu butuh PKS sebagai prime mover di kota bersejarah ini.

Namun clue dari Airlangga jelas, RK tak akan didampingi Sohibul Iman atau Syaikhu yang sebelumnya telah didengungkan PKS untuk bertarung di Jakarta.    

Namun ada satu lagi kader PKS potensial berinisial S yang bisa menjadi kejutan dalam memecahkan teka-teki Airlangga tersebut.

Dia adalah Suswono, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS saat ini. Pria kelahiran Tegal 65 tahun silam ini merupakan politisi senior PKS yang kenyang di jabatan strategis baik legislatif maupun eksekutif.

Suswono merupakan Ketua Komisi IV DPR periode 2004-2009 yang membidangi pangan, pertanian, perikanan, kehutanan dan lingkungan hidup. Periode 2009-2014, Doktor Manajemen Bisnis IPB ini dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Menteri Pertanian.

Penelusuran RMOL, Suswono sangat potensial sebagai sosok S yang disebut Airlangga. Suswono bisa memiliki bargaining sebagai pendamping RK kepada Koalisi Indonesia Maju (KIM) karena pernah menjadi menteri era SBY dan mengerti soal ketahanan pangan, sebagaimana menjadi program utama presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

Apakah Suswono benar merupakan sosok pendamping RK pada Pilgub Jakarta 2024? Kita nantikan teka teki ini pada beberapa hari mendatang jelang pendaftaran calon kepala daerah di KPU. rmol news logo article   

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA