Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Anies Tak Maju Pilgub Jakarta, Kotak Kosong akan Menang?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 07 Agustus 2024, 20:09 WIB
Jika Anies Tak Maju Pilgub Jakarta, Kotak Kosong akan Menang?
Bakal calon Gubernur Jakarta, Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Kemungkinan gagalnya Anies Baswedan mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 justru berpotensi menghadirkan peluang kotak kosong yang akan memenangkan kontestasi.

Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos mengamati, Anies punya basis pemilih loyal di Jakarta. Nah, jika sang petahana tidak bisa mengikuti kontestasi maka akan ada potensi warga yang tidak memilih cukup tinggi.

"Jika hanya ada calon tunggal di Pilgub Jakarta, maka bukan tidak mungkin akan terjadi gelombang golput besar-besaran," ujar sosok yang kerap disapa Biran kepada RMOL, Rabu (7/8).

Tak cuma loyalis Anies, magister Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu meyakini loyalis dari dua partai politik (parpol) di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan absen di tempat pemungutan suara (TPS).

"Bisa saja ada gerakan dan upaya dari loyalis Anies dan PDIP serta PKS dengan memenangkan kotak kosong," sambungnya menegaskan.

Oleh karena itu, apabila Pilgub Jakarta hanya menghadirkan satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, maka pesta demokrasi akan tidak berjalan baik. 

"Ini tentu secara politik tidak sehat dan tidak baik bagi iklim demokrasi di tingkat Pilkada. Sebab, masyarakat tidak diberikan alternatif dalam memilih pemimpin, tetapi dipaksa hanya memilih hanya satu figur saja," demikian Biran. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA