Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menaker Ingin Perbanyak Tenaga Perawat Dikirim ke Jerman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 30 Juli 2024, 14:35 WIB
Menaker Ingin Perbanyak Tenaga Perawat Dikirim ke Jerman
Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dan Parliamentary State Secretary Jerman, Anette Kramme di Brasil/Ist
rmol news logo Kerja sama bilateral Indonesia dan Jerman terus diperkuat dalam bidang ketenagakerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengatakan, saat ini Indonesia sedang menjalankan program pengiriman tenaga perawat ke Jerman melalui program Triple Win yang sudah berjalan sejak tahun 2021.

"Pada tahun 2023 telah diberangkatkan sebanyak 84 tenaga perawat, dan pada bulan Juli 2024 diberangkatkan 175 orang," kata Menaker dalam pertemuan bilateral dengan Parliamentary State Secretary Jerman, Anette Kramme di Brasil, Jumat waktu setempat (26/7).

Menaker berharap, program Triple Win bisa dikembangkan agar memberi kesempatan lebih besar kepada tenaga kerja Indonesia berkarier di luar negeri.

Tidak sekadar mengirim tenaga kerja, Kemnaker juga memberikan pelatihan Bahasa Jerman agar para pekerja punya kompetensi dalam berkomunikasi.

Kemnaker memiliki 21 Vocational Training Center (VTC) yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mempersiapkan kompetensi teknis dan kompetensi Bahasa Jerman.

Menaker berharap bisa didorong kerja sama tentang sharing standard dan modul pelatihan Bahasa Jerman agar diharmonisasikan dalam penyusunan program pelatihan Bahasa Jerman sesuai yang dipersyaratkan dalam ujian pekerja migran Indonesia di Jerman.

Selain itu, kerja sama juga penting agar pelatihan tersebut bisa lebih murah dan masif demi meningkatkan jumlah pekerja migran ke Jerman. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA