Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HNSI Siapkan 4 Program Strategis untuk Sejahterakan Nelayan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 28 Juli 2024, 00:50 WIB
HNSI Siapkan 4 Program Strategis untuk Sejahterakan Nelayan
Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Herman Herry, bersama jajaran pengurus DPD HNSI/Istimewa
rmol news logo Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) siap berkolaborasi dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran nelayan di Tanah Air. 

Untuk itu, HNSI telah menyiapkan 4 program strategis.

Seperti disampaikan Ketua Umum HNSI, Herman Herry, program strategis pertama adalah melakukan konsolidasi dengan digitalisasi keanggotaan yang ditargetkan mencapai 1 juta pada akhir 2024. Digitalisasi data keanggotaan ini bertujuan agar pemerintah memiliki basis data terkait jumlah nelayan yang ada di seluruh Indonesia.

"Pertama kami sudah melakukan langkah-langkah konsolidasi antara lain digitalisasi data keanggotaan. KTA multiguna untuk nelayan dengan target 1 juta KTA pada 2024 secara bertahap bertambah dan berkelanjutan hingga 2028 yang akan datang," kata Herman Herry, dalam keterangannya, Sabtu (27/7).

Kedua, lanjut Herman Herry, HNSI akan memperkuat visi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan merevitalisasi koperasi nelayan. Serta penyaluran BBM bersubsidi untuk nelayan dilakukan dengan tepat sasaran

"Kita juga akan melakukan program advokasi dan pendampingan hukum untuk nelayan," imbuhnya.

Dalam rangka mewujudkan 4 program strategis HNSI tersebut, Herman Herry berharap seluruh pengurus DPD HNSI yang baru dilantik dapat bergandengan tangan dengan pemerintah daerah. Dengan demikian, program pemberdayaan kepada para nelayan di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik.

"Lewat HNSI kami akan berdialog dengan pemerintah bagaimana mencari jalan keluar agar nelayan itu bisa mencari hidupnya dengan tenang, terutama penyederhanaan izin kalau bisa lewat digitalisasi," kata Herman Herry.

Herman Herry menyatakan, ke depan HNSI bisa bergandengan tangan dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka menjalankan pemberdayaan nelayan di seluruh Indonesia.

"HNSI menilai kesejahteraan nelayan memiliki arti yang sangat luas, dari mulai pemberdayaan hingga perbantuan. Oleh sebab itu HNSI siap kolaborasi dengan pemerintah demi kesejahteraan nelayan," tutup Herman Herry.

Herman Herry selaku Ketua Umum HNSI telah melantik seluruh pengurus DPD HNSI pada Rabu (24/7). Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan prasasti renovasi kantor DPP HNSI oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA