Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Jateng 2024

Kaesang-Witjaksono Paling Diunggulkan di Jawa Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 18 Juli 2024, 10:50 WIB
Kaesang-Witjaksono Paling Diunggulkan di Jawa Tengah
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan pengusaha asal Kabupaten Pati, Witjaksono menempati urutan teratas survei calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah jelang Pilkada 2024.

Hal tersebut terekam dalam survei yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) pada 5-14 Juni 2024, dengan mewawancarai 1.200 responden melalui telepon.

Direktur Eksekutif LPMM, Alamsyah Wijaya mengatakan, dalam survei itu terekam bahwa figur calon gubernur sudah mengerucut pada 4 nama unggulan.

"Hasil temuan survei LPMM Kaesang Pangarep mendapat dukungan 17,4 persen responden, kemudian Sudaryono 16,8 persen," ujar Alamsyah dalam keterangan tertulis, Kamis (18/7).

Di bawah dua nama itu, kata Alamsyah, ada Ahmad Lutfie (16,1 persen) dan Hendrar Prihadi (15,8 persen). sedangkan tokoh lainya di bawah 5 persen.

Lanjut Alamsyah, sementara bursa calon wakil gubernur secara elektabilitas pengusaha asal Kabupaten Pati, Witjaksono berada di urutan pertama.

"Tepatnya Witjaksono mendapat dukungan 29,1 persen, disusul Taj Yasin Maimoen di angka 18,8 persen lalu Sri Mulyani dengan catatan 10,2 persen," katanya.

Nama-nama potensial lainnya ada Yusuf Chudlori (8,2 persen), Umi Azizah (6,3 persen) serta Dico Ganinduto (4,9 persen). Serta nama-nama lainnya di bawah 4 persen.

Masih kata Alamsyah, dalam simulasi empat nama pasangan cagub-cawagub hasil survei menunjukan pasangan Kaesang-Witjaksono tingkat keterpilihannya paling tinggi.

"Elektabilitas Kaesang-Witjaksono mencapai 34,3 persen jika Pilkada Jateng digelar hari ini," kata Alamsyah.

Diurutan kedua Sudaryono-Umi Azizah dengan 29,6 persen, kemudian Ahmad Luthfi-Taj Yasin 15,4 persen, pasangan Hendrar Prihadi-Sri Mulyani  yang hanya meraih 13,3 persen.

"Kemudian sebanyak 7,4 persen responden masih belum menentukan pilihan mereka," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA