Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi I DPR Wanti-wanti Netralitas TNI dalam Pilkada 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 18 Juli 2024, 01:55 WIB
Komisi I DPR Wanti-wanti Netralitas TNI dalam Pilkada 2024
Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto bersama Panglima Kodam IX Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi/Ist
rmol news logo Netralitas TNI dalam perhelatan Pilkada 2024 mendatang menjadi penekanan pada Kunjungan Kerja Reses Komisi I DPR ke Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali.

Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto menyebut bahwa netralitas TNI sudah menjadi komitmen yang disampaikan oleh Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), maupun Panglima Kodam IX Udayana.
 
"Kodam (Udayana) ini meliputi Bali, NTB, dan NTT. Kesiapan bahwa mereka akan netral sudah dilihat dari apa yang disampaikan oleh Panglima TNI, Kasad, maupun Panglima Kodam sendiri. Perihal langkahnya, apa tadi sudah dipaparkan dipresentasikan. Kita melihat kesiapan itu betul-betul sudah siap," ujar Utut dalam keterangannya yang diterima redaksi, Rabu (17/7).
 
Dia menambahkan pernyataan Panglima TNI soal netralitas tersebut masih harus ditunggu realisasinya. Utut berharap Pilkada 2024 mendatang tidak ada masalah yang berarti dan akan menjadi pesta demokrasi yang merepresentasikan pilihan rakyat sesungguhnya. 

Dengan demikian, proses Pilkada 2024 dapat berlangsung secara jujur, adil, dan tanpa intervensi dari pihak manapun, sehingga dapat menciptakan suasana yang kondusif dan mendukung terciptanya demokrasi yang sehat di Indonesia.
 
Politisi Fraksi PDIP ini juga mengungkapkan harapannya agar Bali dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pelaksanaan Pilkada 2024. 

Menurutnya, Bali yang dikenal sebagai etalase Indonesia dengan keanekaragaman turis dan penduduk multi-etnis, harus bisa menunjukkan netralitas dan keberhasilan dalam penyelenggaraan Pilkada.
 
"Bali itu kan etalasenya Indonesia, semua turis ada di sini. Inilah momen yang tepat untuk menjadi contoh supaya Kodam-Kodam lain juga bisa seperti ini, terutama dalam penanganan berbagai gangguan, konflik, maupun kecurangan. Jadi sekali lagi, kalau berhasil di sini resonansinya bukan hanya di dalam negeri tetapi juga ke luar negeri," pungkas Utut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA