Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hormati Golkar Usung Kaesang-Jusuf Hamka, Demokrat Sodorkan Jansen Cawagub Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 12 Juli 2024, 12:45 WIB
Hormati Golkar Usung Kaesang-Jusuf Hamka, Demokrat Sodorkan Jansen Cawagub Jakarta
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani/Istimewa
rmol news logo DPP Partai Demokrat menghormati sikap DPP Partai Golkar yang mengusung Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, berpasangan dengan Jusuf Hamka untuk Pilkada Jakarta 2024.

“Kami menghormati hak politik dan kedaulatan setiap partai dalam menentukan sikap politiknya,” kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, dalam keterangannya, Jumat (12/7).

Kamhar menegaskan, Partai Demokrat akan tetap bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilkada Jakarta. KIM sendiri hingga saat ini belum memutuskan bakal mengusung siapa di Pilkada Jakarta November mendatang.

“Siapapun yang pada saatnya nanti akan diputuskan sebagai Cagub oleh KIM, Partai Demokrat akan menghormati keputusan tersebut,” tegasnya.

Karena itulah Demokrat masih akan coba menyodorkan nama Wasekjen Jansen Sitindaon, juga anggota DPRD Jakarta Mujiono dan Ali Suharli ke KIM untuk diusung sebagai bakal cawagub di Pilkada Jakarta 2024.

“Di bursa cawagub kami mengajukan Bung Jansen Sitindaon Wasekjen DPP Partai Demokrat, Mujiono anggota DPRD DKI Jakarta empat periode yang juga sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta, dan Bung Ali Suharli anggota DPRD DKI Jakarta dua periode,” pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Golkar menyatakan siap mendukung langkah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, untuk bertarung di Pilkada 2024.

Namun di wilayah mana Kaesang akan bertarung, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut.

"Kesimpulannya masih ada waktu untuk memutuskan, masih ada waktu dua bulan. Tetapi apabila kesempatan itu ada dan Mas Kaesang siap untuk maju, Partai Golkar akan mendukung," kata Airlangga di markas DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli, Kemanggisan, Jakarta Barat, Kamis (11/7).

Sejauh ini, Kaesang dikabarkan akan maju antara di Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah.

Jika maju di Pilkada Jakarta, menurut Airlangga, Kaesang harus siap menghadapi persoalan kemacetan.

"Tantangan utama Jakarta adalah infrastruktur, nah untuk mendukung mas ketum, Mas Kaesang, seandainya beliau memilih (Pilkada) Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur yaitu Baba Alun (Jusuf Hamka, red)," tandas Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA