Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud Singgung Penyalahgunaan Wewenang Lewat Kisah Ibrahim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 17 Juni 2024, 13:24 WIB
Mahfud Singgung Penyalahgunaan Wewenang Lewat Kisah Ibrahim
Mahfud MD/RMOL
rmol news logo Pakar hukum tata negara, Mahfud MD, menjadi khatib shalat Iduladha di Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (17/6).

Dalam khutbahnya, dia menekankan, Iduladha jangan hanya dimaknai ibadah mahdhah (ritual) saja.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengingatkan, keteladanan yang diberikan Nabi Ibrahim dan keluarganya, termasuk Nabi Ismail dan Siti Hajar, dapat pula menjadi contoh baik dalam menjalani kehidupan bernegara.

Sebab, Mahfud menekankan, bernegara ibarat suatu ikatan keluarga.

"Pelajaran utama dari peristiwa keluarga Ibrahim ini adalah ujian. Setiap manusia yang hidup akan mengalami berbagai ujian, berani mengorbankan jiwa dan raga, termasuk ujian mengorbankan keluarga demi ketaqwaan kepada Allah SWT," kata Mahfud.

Mantan Menko Polhukam itu menuturkan, ujian bisa berupa kemiskinan, kekayaan dan kedudukan.

Lantas dia mengingatkan meskipun dalam kemiskinan, manusia harus tetap bertaqwa dan tidak mau diimingi untuk melanggar ketaqwaan.

"Ujian, apakah saat kita kaya masih mau bertaqwa dengan tetap berakhlakul karimah dan  berlaku baik untuk menunaikan kewajiban sebagai hamba Allah. Ujian, apakah kita masih mau bertaqwa ketika mempunyai jabatan tinggi dengan berbuat adil, tidak korupsi dan tidak menyalahgunakan jabatan," bebernya.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 itu menerangkan, Al Qur'an sendiri menyebut negara ibarat ikatan keluarga. Karenanya, pernikahan dalam rangka membentuk keluarga atau rumah tangga adalah mitsaqan ghalidza atau perjanjian suci.

Dia menyampaikan, dalam berbangsa dan bernegara di Indonesia dalam bentuk NKRI, ulama-ulama kita menyebut NKRI sebagai darul mitsaq atau darul ahdi. Artinya, NKRI merupakan negara bangsa sebagai ikatan atau perjanjian antar seluruh elemen bangsa.

"Indonesia yang beragam berjanji dan mengikatkan diri untuk hidup dan membangun keluarga besar bernama NKRI. Keberagaman Indonesia bisa dilihat dari data dan fakta Indonesia menyatukan 17.508 pulau, 1.360 suku bangsa dan 726 bahasa daerah," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA