Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emoh Ulangi Kekalahan Pilpres, PDIP Diyakini Dukung Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 14 Juni 2024, 07:52 WIB
Emoh Ulangi Kekalahan Pilpres, PDIP Diyakini Dukung Anies
Anies Baswedan dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani/Net
rmol news logo Tak ingin mengulang kekalahan pada Pilpres 2024 diyakini sebagai alasan PDIP mendukung Anies Baswedan pada Pilgub Jakarta 2024.

Menurut Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia, Saiful Anam, bila PDIP jadi mendukung Anies, besar kemungkinan PKS juga tetap merapat dan memberikan dukungan kepada Anies.

"PKS dengan Anies ibarat perangko dan amplop, sulit dilepas. PKS justru senang jika Anies mendapat dukungan dari PDIP," kata Saiful, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/6).

Meski sempat berbeda beberapa saat lalu, bahkan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, pernah menyatakan tak mungkin berkoalisi dengan PKS, menurut Saiful, dengan kondisi terkini, di mana PDIP justru ditumbangkan PKS, maka sangat besar kemungkinan PDIP menjatuhkan pilihan mendukung Anies.

"PDIP akan berpikir, yang penting harus menang melawan kekuatan besar Parpol pengusung Prabowo-Gibran di Jakarta," jelasnya.

Akademisi Universitas Sahid Jakarta itu juga menilai, ada keinginan PDIP memenangkan sebagian besar Pilkada, sehingga tidak ingin mengulang kekalahan pada Pilpres. Untuk itu bisa dipastikan akan mendukung kandidat yang berpotensi menang pada Pilgub Jakarta.

"PDIP tidak ingin mengulang kekalahan pahit Pilpres 2024, caranya mendukung calon yang kemungkinan besar menang kontestasi, apalagi lawan terberat PDIP Parpol yang didukung Jokowi selama ini," pungkas Saiful.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA