Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Berharap Tak Ada Lagi Warga Meninggal Masuk Data Pemilih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 06 Juni 2024, 02:12 WIB
DPR Berharap Tak Ada Lagi Warga Meninggal Masuk Data Pemilih
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus/Ist
rmol news logo KPU di seluruh tingkatan daerah harus bekerja profesional dan berintegritas dalam mempersiapkan tahapan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus saat meninjau persiapan pelaksanaan Pilkada serentak di Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan jangan ada pihak yang mencoba mengintervensi KPU dalam rangka menyelenggarakan Pilkada yang Jujur dan Adil (Jurdil) dan Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber).
 
“Tentu kita berharap KPU mempersiapkan langkah-langkah agar pelaksanaan Pemilukada ini betul-betul sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Guspardi dalam keterangannya yang diterima redaksi, Rabu (5/6).

Di sisi lain, dia pun berharap adanya sinergi antara KPUD dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan untuk bertukar informasi data kependudukan, khususnya data pemilih, yang berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapi) setempat.

Dia berharap jangan sampai terjadi lagi warga yang sudah meninggal namun masih tercatat dalam data pemilih (voter).
 
“Hari ini mereka bisa menjadi pemilih, besok bisa (jadi) berstatus sebagai orang yang tidak berhak memilih. Pun sebaliknya. Artinya data pemilih itu kan sangat dinamis,” jelas dia.

“Oleh karena itu, perlu kehati-hatian KPU dalam meng-input data, dan Bawaslu tentu harus memberikan masukan dan saran jangan sampai abai terhadap kedinamisan dari pemilih itu,” pungkas politisi Fraksi PAN ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA