Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sikap Blak-blakan Prabowo di Forum Internasional Diapresiasi Pengamat HI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 05 Juni 2024, 22:13 WIB
Sikap <i>Blak-blakan</i> Prabowo di Forum Internasional Diapresiasi Pengamat HI
Presiden terpilih Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Presiden terpilih Prabowo Subianto menyatakan sikap siap mengirim bantuan baik pasukan perdamaian maupun tenaga medis untuk merawat para korban di Gaza, Palestina.

Pengamat Hubungan Internasional sekaligus Direktur Eksekutif Indonesian Muslim Crisis Center (IMCC) Robi Sugara turut mengapresiasi sikap Prabowo tersebut.

Menurutnya, Prabowo yang berlatar belakang militer itu memiliki keberanian dan keberpihakan yang konkret untuk berbicara kepada dunia internasional membantu Gaza.

Hal itu sebagaimana disampaikannya di forum the International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024.

“Keberanian sosok Prabowo yang itu misal blak-blakannya, gaya blak-blakan-nya, gaya spontanitasnya yang kemudian dengan cukup berani melakukan aksi-aksi itu berbicara mengenai Gaza,” ujar Robi dalam keterangannya, Rabu (5/6).

Dia menambahkan meskipun saat ini di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia sudah memberikan perhatian serius terhadap Gaza dengan mengirimkan sejumlah bantuan.

Namun, Robi meyakini Prabowo juga akan melakukan hal yang sama bahkan diharapkan bisa melampauinya.

“Saya kira sebelumnya Pak Jokowi juga sudah memberikan banyak bantuan bahkan dilihat peran militer Indonesia juga cukup terlihat sekali dalam mengemas isu Palestina itu menjadi persoalan yang ditanggapi serius oleh pemerintah Indonesia,” paparnya.

Pasalnya, Robi mengatakan Prabowo memiliki keunggulan bisa langsung berbicara melalui forum-forum dunia internasional dengan lantang dan berani khususnya kepada para pemimpin negara-negara lainnya.

Dia menyampaikan perbedaan Prabowo dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yaitu SBY dalam forum internasional menyampaikan sikap dengan sangat hati-hati, namun Prabowo lebih blak-blakan dan spontan.

“Jadi saya sih menilainya yang kedua, tanggapan saya adalah keberanian karena kelebihan Prabowo itu kan dia bisa melakukan komunikasi langsung dengan komunitas internasional meskipun Pak SBY pun punya kemampuan itu ya tapi kan dia sangat terlalu hati-hati,” bebernya.

Seperti di forum IISS Shangri-La Dialogue di Singapura kemarin, Prabowo berhadap-hadapan langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang negaranya tengah terlibat perang dengan Rusia.

“Prabowo kan gesture kemarin ngobrol dengan Zelensky itu berani sekali di forum Shangri-La Singapura, langsung berhadap-hadapan dia dengerin Zelensky yang ngomong soal meminta dukungan dan lainnya di situ,” ucapnya.

Lanjut Robi, Prabowo tidak hanya peduli terhadap Gaza, melainkan juga perang Ukraina–Rusia Ketua Umum Partai Gerindra itu dinilai lebih menitikberatkan terhadap kemanusiaan dan perdamaian kepada negara-negara yang berkonflik untuk melakukan upaya penyelesaian secara aman dan damai.

“Jadi saya mengapresiasi keberanian dan spontanitas Prabowo dalam melakukan upaya-upaya yang saya kira juga bukan pada isu persoalan agama, tetapi pada isu kemanusiaan dan semua dunia internasional, masyarakat internasional mengecam apa yang dilakukan Israel terhadap Gaza,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA