Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PGI Apresiasi IUP untuk Ormas Keagamaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 02 Juni 2024, 19:08 WIB
PGI Apresiasi IUP untuk Ormas Keagamaan
Pendata Gomar Gultom/RMOL
rmol news logo Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengapresiasi langkah pemerintah memberikan izin usaha pertambangan (IUP) kepada organisasi massa keagamaan.

"Kami mengapresiasi langkah yang ditempuh Presiden Jokowi,” kata Ketua Umum PGI, Pdt Gomar Gultom, lewat keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (2/6).

PGI menilai, sedikitnya ada dua hal terkait kebijakan pemberian IUP itu, pertama, menunjukkan komitmen presiden melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat untuk turut serta mengelola kekayaan negeri ini.

“Kedua, menunjukkan penghargaan kepada Ormas keagamaan yang sejak awal turut berkontribusi membangun negeri ini,” katanya.

Menurutnya, prakarsa presiden itu tentu tidak mudah diimplementasikan, mengingat Ormas keagamaan memiliki keterbatasan dalam hal ini.

"Apalagi dunia tambang ini sangat kompleks serta memiliki implikasi sangat luas. Namun setiap Ormas keagamaan juga memiliki mekanisme internal yang bisa mengkapitalisasi SDM yang dimilikinya, dan bila dipercaya tentu dapat mengelolanya dengan optimal dan profesional,” tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA